Ul Haq, Dhiya (2022) Terapi Ruqyah Syar'iyyah (Studi Living Qur'an di Ma'had Al-Ikhkash Wuluhan Jember). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
DHIYA UL HAQ_U20181107.pdf Download (72MB) |
Abstract
ABSTRAK
Dhiya Ul Haq, 2022: Terapi Ruqyah Syar’iyyah (Studi Living Quran di Ma’had Putri Al-Ikhlash Wuluhan Jember).
Kata kunci: Ruqyah, Proses Pelaksanaan Ruqyah, Ruqyah Mandiri
Terapi Ruqyah Syar’iyyah di Ma’had Putri Al-Ikhlash merupakan sebuah kajian living Quran yang menjadikan ayat atau surat dalam Al-Quran sebagai salah satu media pengobatan alternative.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana pelaksanaan terapi dengan menggunakan metode ruqyah dalam mengobati pasien di Ma’had Putri Al-Ikhlash? 2) Bagaimana pemaknaan peruqyah mengenai terapi ruqyah syar’iyyah yang digunakan sebagai media di Ma’had Putri Al-Ikhlash Wuluhan Jember? 3) Apa manfaat yang nampak dari segi rohani serta jasmani pasien setelah melakukan terapi ruqyah di Ma’had Putri Al-Ikhlash Wuluhan Jember?
Tujuan dari penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) mengetahui dan menganalisa secara mendalam pelaksanaan terapi dengan menggunakan metode ruqyah dalam mengobati pasien di Ma’had Putri Al-Ikhlash Wuluhan Jember. 2) Mengetahui dan menganalisa secara mendalam tentang pemaknaan peruqyah terhadap penerapan ruqyah yang digunakan sebagai media pengobatan di Ma’had Putri Al-Ikhlash Wuluhan Jember. 3) Mengetahui dan Menganalisa manfaat yang nampak dari segi rohani serta jasmani pasien setelah melakukan terapi ruqyah di Ma’had Putri Al-Ikhlash Wuluhan Jember.
Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber.
Peneliti memperoleh kesimpulan bahwa: 1) Ruqyah merupakan salah satu bentuk dari pelestarian Al-Quran. 2) Proses pelaksanaan terapi ruqyah di Ma’had Putri Al Ikhlash ini yang pertama, menanyakan keluhan pasien. Kedua, mengidentifikasi pasien. Ketiga, membacakan ayat Al-Quran pada pasien. Keempat, memberikan nasehat. Kelima, membuat janji dengan pasien untuk diruqyah kembali. Keenam, mengajarkan ruqyah mandiri kepada pasien. 3) tidak harus menggunakan ayat atau surat tertentu dlam Al-Quran. 4) terdapat metode nasehat dan metode dialog dalam pelaksanaan ruqyah 5) dampak jasmani yang terasa oleh pasien setelah melakukan ruqyah adalah nyeri seluruh badan yang berangsur membaik begitu juga gejala fisik yang sebelumnya dialami. 6) dampak rohani yang dirasakan oleh pasien setelah melakukan ruuqyah adalah perubahan hal negative dalam dirinya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir |
Depositing User: | Ms Dhiya Ul haq |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 02:32 |
Last Modified: | 12 Jul 2022 02:32 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9277 |
Actions (login required)
View Item |