Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis STEM Dengan Model Interactive Demonstration Pada Materi Sistem Pernafasan Manusia Kelas VIII SMP Negeri 2 Jember

Fajariyah, Nur Rohmatul (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis STEM Dengan Model Interactive Demonstration Pada Materi Sistem Pernafasan Manusia Kelas VIII SMP Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NUR ROHMATUL FAJARIYAH_T201810013.pdf

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK
Nur Rohmatul Fajariyah, 2022: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis STEM dengan Model Interactive Demonstration Pada Materi Sistem Pernafasan Manusia Kelas VIII SMP Negeri 2 Jember.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, STEM, Interactive Demonstration Pernafasan Manusia
Materi sistem pernafasan pada manusia merupakan salah satu materi IPA SMP. Guru mata pelajaran IPA kelas VIII SMPN 2 Jember menerangkan bahwa pembelajaran IPA tidak dapat mengamati sistem secara langsung sehingga digunakan media sebagai sarana bagi siswanya untuk membantu saat proses pembelajaran. Penelitian menggunakan penerapan pembelajaran STEM dengan model interactive demonstration pada pelajaran IPA materi sistem pernafasan manusia untuk memberikan pemahaman, belajar akktif dan keterampilan melalui pengembangan media berupa balon pernapasan. Interactive demonstration merupakan salah satu model pembelajaran dari pendekatan inkuiri dalam pelaksanaannya dilakukan dengan cara langsung berinteraksi.
Mengacu pada ruumusan masalah penelitian sebagai berikut : (1)
Bagaimana hasil validitas pengembangan media pembelajaran berbasis STEM dengan model Interactive demonstration pada materi sistem pernafasan manusi kelas VIII SMP Negeri 2 Jember?(2) Bagaimana respon peserta didik terhadap pengembangan produk berupa media balon pernapasan materi Sistem Pernapasan
Manusia dengan pembelajaran STEM dengan model Interactive demonstration untuk kelas VIII SMPN 2 Jember?. Kemudian, sesuai dengan rumusan masalah, tujuan dari penelitian ini yaitu, (1) untuk mengetahui hasil validitas pengembangan media pembelajaran berbasis STEM pada materi sistem pernafasan manusia untuk peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Jember.; (2) Untuk mengetahui respons siswa terhadap pengembangan media balon pernafasan
berbasis STEM pada materi sistem pernafasan manusia dengan model demonstrasi interaktif untuk kelas VIII SMPN 2 Jember.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development
(R&D), yang mengacu pada model Plom (Design Research). Hasil dari produ pengembangan media pembelajaran STEM digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran di sekolah. Subjek penilaian produk untuk validasi media pembelajaran yaitu ahli materi dan ahli media yang terdiri dari dosen dan guru IPA. Uji respons siswa dalam penelitian ini yaitu 31 siswa kelas VIII SMPN 2 Jember.
Adapun hasil penelitian pengembangan menggunakan media balon
pernafasan berbasis STEM dapat disimpulkan bahwa: (1) hasil rata-rata persentase uji validasi ahli media sebesar 93%, ahli materi sebesar 93% dan guru IPA sebesar 96% dengan memenuhi kategori sangat valid: (2) Hasil respons uji coba diperoleh rata-rata persentase sebesar 89,2% dengan kategori sangat menarik, sehingga media pembelajaran ini sangat valid digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0606 Physiology > 060603 Animal Physiology - Systems
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms NUR ROHMATUL FAJARIYAH
Date Deposited: 13 Jul 2022 03:19
Last Modified: 13 Jul 2022 03:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9279

Actions (login required)

View Item View Item