Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Sekolah Menengah Pertama Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Mohamad Abdul Rozak, Rozak (2022) Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Sekolah Menengah Pertama Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text (Muhammad Abdul Rozak_T20181315)
SKRIPSI MOHAMAD ABDUL ROZAK T21081315.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mohamad Abdul Rozak, 2022: Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Sekolah Menengah Pertama Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Kata kunci : pembelajaran al-Qur’an, Taman Pendidikan al-Qur’an, Sekolah Menengah Pertama Plus Darus Sholah Jember

Kemampuan membaca al-Qur’an merupakan kemampuan yang harus dipelajari oleh semua orang Islam. Realitas yang ada masih banyak peserta didik yang kurang lancar dalam hal membaca al-Qur’an. Salah satu program dalam pengembangan dalam baca tulis ini adalah Taman Pendidikan al-Qur’an yang berfungsi sebagai wadah dalam mengajarkan aspek yang berkaitan dengannya. Sehingga bisa memantau dan mengajarkan secara langsung kepada peserta didiknya. Kajian ini mengulas tentang implementasi pembelajaran al-Qur’an di Taman Pendidikan al-Qur’an SMP Plus Darus Sholah serta faktor penghambat dan pendukungnya sehingga dapat memberikan gambaran tentang bagaimana implementasi pembelajaran al-Qur’an di Sekolah Menengah Pertama Plus Darus Sholah Jember.
Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif hal ini bermaksud untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran al-Qur’an di program Taman Pendidikan Al-Qur’an Sekolah Menengah Pertama Plus Darus Sholah Jember melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dan analisis datanya model Miles, Huberman serta Saldana. Langkahnya meliputi: kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan uji kredibilitas data yaitu: triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an melalui program TPQ dimulai dari proses perencanaan yang diawali dengan menentukan tujuan membaca al-Qur’an dengan metode. Pada tahap kedua yaitu pelaksanaan yang meliputi tahap pendahuluan, dilanjutkan dengan kegiatan inti kemudian diakhiri dengan penutup. Tahap selanjutnya yaitu evaluasi, pada tahap ini guru menilai hasil pembelajaran al-Qur’an siswa dengan memberikan tes bacaan al-Qur’an kemudian memberikan raport hasil pembelajaran program TPQ. Faktor yang menjadi pendukung kegiatan ini adalah kompetensi guru dan faktor penghambatnya adalah kurangnya minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohamad Abdul Rozak
Date Deposited: 18 Jul 2022 06:55
Last Modified: 18 Jul 2022 06:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9285

Actions (login required)

View Item View Item