Pengembangan katalog digital materi keanekaragaman hayati dengan konteks keanekaragaman serangga tanah di kawasan gumuk Ledokombo kabupaten Jember untuk siswa kelas X SMA Negeri Ambulu

Qomariyah, Nurul (2022) Pengembangan katalog digital materi keanekaragaman hayati dengan konteks keanekaragaman serangga tanah di kawasan gumuk Ledokombo kabupaten Jember untuk siswa kelas X SMA Negeri Ambulu. Undergraduate thesis, UIN Kiai haji achmad siddiq jember.

[img] Text
Watermak Nurul Qomariyah T20178091.pdf

Download (6MB)

Abstract

Materi keanekaragaman hayati merupakan materi yang cakupan belajarnya sangat luas. Hasil dari analisis kebutuhan, 90,3% siswa menyatakan mengalami kesulitan dalam memahami materi keanekaragaman hayati. Oleh karena itu, dalam mempelajari materi ini diperlukan bahan ajar inovatif yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Pembelajaran yang awalnya tatap muka berubah menjadi online semenjak adanya pandemi corona. Sehingga diperlukan bahan ajar berbentuk digital. Selain itu, siswa juga membutuhkan bahan ajar dengan konteks kehidupan nyata agar dapat menyesuaikan hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan. Salah satu potensi lokal yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran adalah Gumuk di desa Ledokombo. Potensi yang dimiliki Gumuk di Desa Ledokombo adalah keanekaragaman serangga tanah. Keanakeragaman serangga tanah diangkat sebagai bahasan karena merupakan salah satu kekayaan alam Indonesia serta adanya peran ekologis dalam mempertahankan ekosistem.
Tujuan dari penelitian ini 1. Untuk mengetahui kevalidan katalog digital serangga tanah di kawasan gumuk ledokombo berdasarkan validasi materi. 2. Untuk mengetahui kevalidan katalog digital serangga tanah di kawasan gumuk ledokombo berdasarkan validasi media. 3. Untuk mengetahui kevalidan katalog digital serangga tanah dikawasan gumuk ledokombo berdasarkan validasi praktikalitas. 4. Untuk mengetahui respon siswa terhadap katalog digital serangga tanah di kawasan gumuk ledokombo.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Adapun model pengembangan yang digunakan adalah Model Pengembangan ADDIE dengan tahapan Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi).
Penelitian ini memperoleh kesimpulan hasil nilai validasi dari para ahli yakni validasi ahli materi mendapatkan persentase 96,88% dengan kategori sangat valid, validasi ahli media mendapatkan persentase sebesar 96,26% dengan kategori sangat valid, validasi guru mendapatan presentase sebesar 96,37% dengan kategori sangat valid dan untuk hasil respon siswa diperoleh hasil sebesar 90,93% yang termasuk kategori sangat baik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Ms Nurul Qomariyah
Date Deposited: 12 Jul 2022 03:06
Last Modified: 12 Jul 2022 03:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9294

Actions (login required)

View Item View Item