Pengembangan Media Pembelajaran "MARUSMEMIKAL" Menggunakan aplikasi Cartoon Story Maker Pada Materi Virus Untuk Peserta Didik Kelas X Di MA Muhammadiyah 1 Banyuwangi Tahun 2021/2022.

Mila, Nafiatul (2022) Pengembangan Media Pembelajaran "MARUSMEMIKAL" Menggunakan aplikasi Cartoon Story Maker Pada Materi Virus Untuk Peserta Didik Kelas X Di MA Muhammadiyah 1 Banyuwangi Tahun 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Skripsi Watermak Fia T20178063-1.pdf

Download (7MB)

Abstract

Media pembelajaran adalah alat yang dapat membantu proses belajar
mengajar yang berfungsi memperjelas makna pesan yang disampaikan sehingga
tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik dan sempurna. Berdasarkan hasil
dari analisis kebutuhan siswa kelas X IPA di MA Muhammadiyah Banyuwangi
diketahui bahwa, sebesar 75,9 % siswa merasa kesulitan dalam memahami
beberapa materi biologi, 54,2 % siswa menganggap materi virus terutama pada
replikasi merupakan salah satu materi yang sulit dipahami. Terkait media
pembelajaran 83,4 % siswa menyukai media pembelajaran yang berbasis
teknologi karena dapat lebih mudah belajar, dan 90% dari mereka lebih menyukai
media bergambar dan mengharapkan adanya inovasi media pembelajaran selain
itu mereka juga mengakui belum pernah menggunakan media pembelajaran
berupa komik dalam pembelajaran biologi.
Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu 1.Bagaimana kevalidan media
pembelajaran “Marusmemikal” menggunakan aplikasi cartoon story maker pada
virus untuk peserta didik kelas X di MA Muhammadiyah 1 Banyuwangi.
2.Bagaimana respons siswa terhadap media pembelajaran “Marusmemikal”
menggunakan aplikasi cartoon story maker pada materi virus untuk peserta didik
kelas X di MA Muhammadiyah 1 Banyuwangi
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1.Untuk mengetahui kevalidan media
pembelajaran “Marusmemikal” menggunakan aplikasi cartoon story maker pada
materi virus untuk peserta didik kelas X di MA MUHAMMADIYAH 1
Banyuwangi. 2.Untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran
”Marusmemikal” menggunakan aplikasi cartoon story maker pada materi virus
untuk peserta didik kelas X di MA MUHAMMADIYAH 1 Banyuwangi
Jenis penelitian yang digunakan merupakan Research and Development
dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implementation, Evaluation.) penelitian ini dilakukan di MA Muhammadiyah
Banyuwangi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman
wawancara dan lembar angket. Dalam penelitian ini menggunakan 2 validator ahli
media dan 2 validator ahli materi, dan 1 guru biologi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil validasi ahli materi
memperoleh persentase sebesar 93% dengan kriteria sangat valid, rata-rata hasil
validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 91% dengan kriteria sangat
valid, validasi dari guru memperoleh persentase sebesar 93% dengan kriteria
sangat valid, dan untuk rata-rata angket respon siswa diperoleh hasil sebesar 90%
dengan kriteria sangat valid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Ms Nafiatul Mila
Date Deposited: 12 Jul 2022 03:12
Last Modified: 12 Jul 2022 03:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9295

Actions (login required)

View Item View Item