Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan 01 Diponegoro Wuluhan tahun pelajaran 2021/2022

Nayyiroh, Zakiyyatun (2022) Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan 01 Diponegoro Wuluhan tahun pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ZAKIYYATUN NAYYIROH_T20181479.pdf

Download (4MB)

Abstract

Motivasi belajar PAI dan BP siswa kelas X SMK 01 Diponegoro Wuluhan masih tergolong rendah, tidak semua siswa aktif dalam proses pembelajaran. Perlu inovasi model pembelajaran yang mampu membuat siswa tertarik dan berperan aktif dalam mengikuti pelajaran PAI dan BP sehingga motivasi siswa dapat meningkat salah satunya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together.

Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut 1) Untuk membuktikan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together terhadap motivasi belajar intrinsik PAI dan BP siswa kelas X di SMK 01 Diponegoro Tahun Pelajaran 2021/2022. 2) Untuk membuktikan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together terhadap motivasi belajar ekstrinsik PAI dan BP siswa kelas X di SMK 01 Diponegoro Tahun Pelajaran 2021/2022. 3) Untuk membuktikan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together terhadap motivasi belajar PAI dan BP siswa kelas X di SMK 01 Diponegoro Tahun Pelajaran 2021/2022.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X sebanyak 195, peneliti mengambil sampel sebanyak 70 siswa yang diperoleh dengan cara Proporsional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang berupa angket model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dan motivasi belajar, serta dokumentas. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Korelasi Person-Product Moment.

Hasil penelitian ini membuktikan hal-hal sebagai berikut 1) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together terhadap motivasi belajar intrinsik PAI dan BP siswa kelas X di SMK 01 Diponegoro dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien korelasinya 0,740 (kuat). 2) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together terhadap motivasi belajar ekstrinsik PAI dan BP siswa kelas X di SMK 01 Diponegoro dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien korelasinya 0,733 (kuat). 3) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together terhadap motivasi belajar PAI dan BP siswa kelas X di SMK 01 Diponegoro dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien korelasi 0,794 (kuat).

keyword : model pembelajaran; Numbered Heads Together; motivasi belajar; Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; Numbered Heads Together; motivasi belajar; Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Zakiyyatun Nayyiroh
Date Deposited: 09 Aug 2022 08:20
Last Modified: 09 Aug 2022 08:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9311

Actions (login required)

View Item View Item