Penerapan pendekatan konstruktivisme dengan metode resitasi pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Puger Jermber

Ahmad affan, Malik ibrahim (2022) Penerapan pendekatan konstruktivisme dengan metode resitasi pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Puger Jermber. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AHMAD AFFAN MALIK IBRAHIM (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Ahmad Affan Malik Ibrahim, 2022: Penerapan Pendekatan Konstruktivisme
Dengan Metode Resitasi Pada Mata Pelajarn PAI di SMP Negeri 1
Puger Jember
Dalam penerapan pendekatan, guru pasti mempunyai cara atau metode
yang berbeda-beda untuk membantu guru mencapai ke tujuan pendekatan yang
sudah di rencanakan, terutama pada kegiatan pendekatan di dalam kelas, tetapi
ketika dihadapkan dengan situasi pandemi jelas berbeda, situasi lingkungan dan
sosial, kebiasaan-kebiasaan yg dilakukan secara normal, itu tentu jauh berbeda.
Untuk itu guru dituntut tepat dalam pengamabilan model pendekatan yang
digunakan. Model pendekatan konstruktivisme dengan metode resitasi merupakan
model pendekatan yang mengajak siswa untuk menemukan pengetahuannya
sendiri secara mandiri, dengan mencari pengalaman dari berbagai sumber apapun
untuk menciptakan pengalaman belajarnya sendiri.
Berdasarkan dengan permasalahan diatas, peneliti berupaya untuk
mengungkapkan secara gamblang tentang penerapan pendekatan konstruktivisme
dengan metode resitasi pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Puger Jember
dengan fokus penelitian ini: 1) Bagaimana penerapan pendekatan kontruktivisme
dengan metode resitasi pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Puger Jember?
2) Bagaimana implikasi penerapan pendekatan kontruktivisme dengan metode
resitasi pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Puger Jember?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis
penelitian-penelitian lapangan (field reserach field work) menggunakan teknik
pengumpulan data: 1) Wawancara, 2) Observasi, dan 3) Dokumentasi. Keabsahan
data pada penelitian ini ada dua macam: 1) triangulasi sumber, dan 2) triangulasi
teknik. Dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif
Milles dan Huberman.
Hasil penelitian ini: 1) Dalam penerapannya Diimplementasikan dengan
cara mengajak siswa untuk menemukan pengetahuannya sendiri secara mandiri,
dengan mencari pengalaman dengan sumber apapun untuk menciptakan rasa cinta
terhadap suatu pengalaman. Secara tidak langsung metode ini memaksa daya ingat
siswa untuk lebih aktif dan efektif, dan bisa membandingkan sebuah perbedaan
dari pengalaman secara mandiri. 2) Hasil implikasi dalam penerapannya di dalam
kelas masih ada beberapa siswa yang mengabaikan arahan dan materi yang
disampaikan, hal ini jelas berdampak pada kekreatifan dan pemahaman siswa
selama metode ini diterapkan. Dan cukup sulit dikembangkan ketika diterapkan
dalam sistem online atau daring, karna metode ini bisa maksimal ketika dilakukan
dengan tatap muka. Perbedaan itu bisa di buktikan dengan hasil nilai siswa yang
setelah diterapkannya metode ini secara offline atau tatap muka menunjukan hasil
yang dapat meningkatkan belajar siswa secara efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Affan malik Ibrahim
Date Deposited: 11 Jul 2022 04:13
Last Modified: 11 Jul 2022 04:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9314

Actions (login required)

View Item View Item