Pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam membentuk karakter siswa kelas IV B Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Klungkung Bali tahun pelajaran 2021/2022

Arafah, Nada (2022) Pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam membentuk karakter siswa kelas IV B Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Klungkung Bali tahun pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (Pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam membentuk karakter siswa kelas IV B Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Klungkung Bali)
Nada Arafah_T20184024.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan karakter diterapkan dalam pembelajaran PPKn karena konsep dan kajian muatan PPKn lebih menekankan pada penguatan pendidikan karakter seperti yang diterapkan pada awal tahun pelajaran 2021/2022 di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Klungkung Bali yakni guru memasukkan dan membiasakan nilai-nilai karakter pada kegiatan pembelajaran di kelas dengan tujuan agar karakter peserta didik menjadi lebih baik ke depannya.
Adapun fokus pada penelitian adalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam membentuk karakter siswa kelas IV B Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Klungkung Bali? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam membentuk karakter siswa kelas IV B Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Klungkung Bali? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam membentuk karakter siswa kelas IV B Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Klungkung Bali? Tujuan dari penelitian ialah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dari pembelajaran PPKn dalam membentuk karakter siswa kelas IV B Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Klungkung Bali.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kulaitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data lapangan yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Perencanaan pembelajaran yang meliputi empat komponen yaitu, a) Guru menentukan tujuan pembelajaran yang berkaitan dengan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang mengarah pada pembentukan karakter, b) Guru menetapkan materi yang termuat dalam Tema 8 subtema 1 dan 2, c) Guru menetapkan metode ceramah, penugasan, pengamatan, tanya jawab, dan diskusi, d) Guru memilih sumber belajar melalui buku dan memilih media pembelajaran papan tulis. 2) Pelaksanaan pembelajaran meliputi, a) Guru membuka pelajaran dengan memberikan motivasi dan apersepsi, b) Guru menyampaikan materi, c) Guru menerapkan metode ceramah, tanya jawab, penugasan, pengamatan dan diskusi, serta d) Guru menutup pelajaran dengan merangkum pelajaran bersama siswa dilanjutkan dengan doa dan salam. 3) Evaluasi pembelajaran dilakukan guru melalui observasi saat proses pembelajaran berlangsung dan hasilnya menunjukkan siswa mampu menunjukkan sikap dan karakter yang diharapkan.
Kata kunci: pembelajaran; ppkn; karakter

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nn Nada Arafah
Date Deposited: 13 Jul 2022 08:28
Last Modified: 13 Jul 2022 08:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9328

Actions (login required)

View Item View Item