Manajemen Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Slb C Tpa Jember

Rina, Kusumawati (2022) Manajemen Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Slb C Tpa Jember. Undergraduate thesis, Uin Kh. Achmad siddiq Jember.

[img] Text
rina.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Manajemen tenaga pendidik merupakan kegiatan yang mencakup penataan norma, standar, prosedur, pengangkatan, pembinaan, penatalaksanaan, kesejahteraan dan pemberhentian tenaga kependidikan sekolah agar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dalam mencapai tujuan sekolah Manajemen tenaga kependidikan merupakan kegiatan yang mencakup penataan norma, standar, prosedur, pengangkatan, pembinaan, penatalaksanaan, kesejahteraan dan pemberhentian tenaga kependidikan sekolah agar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dalam mencapai tujuan sekolah. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Perencanaan Tenaga Pendidik Di SLB C TPA Jember? 2) Bagaimana Rekrutmen Dan Seleksi Tenaga Pendidik DI SLB C TPA Jember? 3) Bagaimana Pelatihan Dan Pengembangan Tenaga Pendidik DI SLB C TPA Jember? Tujuan penelitian ini adalah: mendeskripsikan perencanaan,rekrutmen,selekesi,pelatihan dan pengembangan tenaga penddik di SLB C TPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah fenomenologi. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan observasi partisiipasi pasif, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis data interaktif yang dikemukakan oleh Milles dan Huberman, dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: Dalam perencanaaan tenaga pendidik perlu dilakukan analisis pekerjaan job anailisi dan analisis jabatan untuk memperoleh deskripsi pekerjaan gambaran tentang tugas-tugas dan pekerjaan yang harus dilaksanakan. Perencanaan tenaga pendidik dilakukan sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan oleh sekolah slb c tpa jember yang harus sesuai kualifikasi yang di butuhkan sekolah dan sudah di tentukan oleh pihak sekolah slb c tpa jember. 2) Rekrutmen tenaga pendidik di sekolah slb c tpa jember di lakukan jika ada tenaga pendidik yang keluar dari sekolah. Dengan cara menyebarluaskan pengumuman penerimaan tenaga pendidik dalam bidang yang dibutuhkan dan sesuai dengan kualifikasi yang di tetapkan sekolah slb c tpa jember seperti terampil,sabar,dan cakap dalam melakukan pembelajaran, dan di sebarkan melalui berbagai media seperti instagram,facebook dan untuk pengumuman penerimaan nya di lakukan dengan menginformasikan secara personal melalui email yang di kirimkan langsung oleh kepala sekolah sendiri. 3)Pelatihan yang di lakukan sekolah slb c tpa jember untuk meghasilkan tenaga pendidik yang berkualitas,terampil dan professional di lakukan secara bergantian setiap tahunnya oleh kepala sekolah, ada yang secara langsung di kirim ke Jakarta dan ada yang melalui daring beberapa tahun ini, di karenakan adanya pandemic covid 19. Hal ini penting di lakukan oleh sekolah di karenakan slb c benar benar membutuhkan pelatihan khusus untuk menghadapi siswa-siswi yang special dan untuk mengembangkan ke profesionalan tenaga pendidik yang ada di slb c tpa jember.
Kata Kunci: Manajemen, Tenaga Pendidik, Mutu, Pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rina Kusumawati Rina Kusuma
Date Deposited: 12 Jul 2022 06:23
Last Modified: 12 Jul 2022 06:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9334

Actions (login required)

View Item View Item