Kepemimpinan Transformasional “KH Ahmad Dahlan” Dan Implementasi Dalam Pendidikan Islam

Zakiyah, Syarifatuz (2022) Kepemimpinan Transformasional “KH Ahmad Dahlan” Dan Implementasi Dalam Pendidikan Islam. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

This is the latest version of this item.

[img] Text
zakia.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Kepemimpinan, Transformasional, Pendidikan, Islam
Kepemimpinan transformasional merupakan kepemimpinan yang mampu menciptakan perubahan dan pembaharuan yang mendasar dan dilandasi oleh nilai- nilai agama, sistem dan budaya untuk menciptakan inovasi dan kreativitas pengikutnya dalam rangka mencapai visi yang telah ditentukan. Kyai Haji Ahmad Dahlan merupakan salah satu tokoh pembaharu di Indonesia, dimana pribadi beliau yang moderat dalam melakukan purifikasi dan dinamisasi secara sinergis dan integral. Dengan pembaharuan yang ia lakukan membuat organisasi Muhammadiyah tetap maju dan eksis.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Kepemimpinan Tranformasional Kyai Haji Ahmad Dahlan? 2) Bagaimana Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kyai Haji Ahmad Dahlan dalam Pendidikan Islam?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan Kepemimpinan Tranformasional Kyai Haji Ahmad Dahlan. 2) Mendeskripsikan Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kyai Haji Ahmad Dahlan dalam Pendidikan Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitiannya adalah kepustakaan (library research). Penentuan subjek penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan studi dokumen. Sedangkan analisis data menggunakan analisis isi (content analysis) dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) kepemimpinan transformasional Kyai Haji Ahmad Dahlan dapat dilihat dari karakteristik kepemimpinan yang Ia terapkan yakni melakukan pertimbangan individual (individual consideration), motivasi insoirasional (insoirational motivation, pengaruh Ideal (idealized influence) dan stimulus intelektual (intellectual stimulation). 2) implementasi kepemimpinan transformasional Kyai Haji Ahmad Dahlan dalam pendidikan islam dilakukan dengan beberapa langkah-langkah yaitu menyatakan visi yang jelas dan menarik, bertindak rahasia dan optimistis, memperlihatkan keyakinan terhadap pengikut, menggunakan tindakan dramatis dan simbolis serta memberikan kewenangan kepada orang-orang untuk mencapai visi pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Syarifatuz Zakiyah Siti Halimah
Date Deposited: 12 Jul 2022 07:32
Last Modified: 12 Jul 2022 07:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9351

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item