Manajemen Pembelajaran di Laboratorium Bank Mini dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Jurusan Akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Nurut Taqwa Songgon Banyuwangi

Lutfia Ningrum, Dinta (2022) Manajemen Pembelajaran di Laboratorium Bank Mini dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Jurusan Akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Nurut Taqwa Songgon Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Dinta Lutfia Ningrum.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dinta Lutfia Ningrum, 2022:“Manajemen Pembelajaran di Laboratorium Bank Mini dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Jurusan Akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Nurut Taqwa Songgon Banyuwangi”.

Kata kunci: Laboratorium Bank Mini, Kompetensi, Akuntansi

Laboratorium merupakan tempat pengamatan, percobaan, latihan, pengujian konsep pengetahuan dan teknologi dan sebagai menunjang proses belajar mengajar agar tercapai tujuan pembelajaran, sehingga upaya peningkatan prestasi siswa semakin meningkat. Namun kenyataannya masih banyak sekolah yang belum memanfaatkan laboratorium sebagai media belajar yang efektif untuk meningkatkan kompetensi siswa khususnya jurusan akuntansi. Didirikannyabank mini ini diharapkan sebagai wujud implementasi dan tempat praktek peserta didik yang bisa meningkatkan kompetensi siswa.
Fokus dari penelitian ini yakni : (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran di laboratorium Bank Mini dalam meningkatkan kompetensi siswa jurusan akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Nurut Taqwa Songgon banyuwangi, (2) Bagaimana implementasi pembelajaran di laboratorium Bank Mini dalam meningkatkan kompetensi siswa jurusan akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Nurut Taqwa Songgon banyuwangi (3) Bagaimana pengawasan pembelajaran di laboratorium bank mini dalam meningkatkan kompetensi siswa jurusan akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Nurut Taqwa Songgon banyuwangi?
Tujuan dari penelitian ini yakni : (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran di laboratorium Bank Mini dalam meningkatkan kompetensi siswa jurusan akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Nurut Taqwa Songgon banyuwangi, (2) Mendeskripsikan implementasi pembelajaran di laboratorium Bank Mini dalam meningkatkan kompetensi siswa jurusan akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Nurut Taqwa Songgon banyuwangi (3) Mendeskripsikan pengawasan pembelajaran di laboratorium bank mini dalam meningkatkan kompetensi siswa jurusan akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Nurut Taqwa Songgon banyuwangi.
Penelitian ini merupakan penelitian mix methods, yaitu penelitian dengan menggabungkan dua bentuk pendekatan dalam penelitian, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil dua sumber. Pada kualitatif yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan pada kuantitatif yakni menggunakan angket.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: (1) Perencanaan pembelajaranyaitu adanya penjadwalan setiap dua siswa perhari yang akan praktikum di bank mini. (2) Pengimplementasian pembelajaran yakni praktikum dengan metode pencatatan ganda yaitu petugas mencatat manual di buku jurnal kemudian memasukkan data ke excel dan juga akan dicatat melalui aplikasi Zahir. (3) Pengawasan Bank Mini di SMK Nurut Taqwa yakni melalui guru akuntansisaat praktikum berlangsung dan uji kompetensi dari pihak BRI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Dinta Lutfia Ningrum
Date Deposited: 12 Jul 2022 06:15
Last Modified: 12 Jul 2022 06:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9353

Actions (login required)

View Item View Item