PENERAPAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 MIMA 35 NURUL ULUM JEMBER

Aida, Lutfiyah (2022) PENERAPAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 MIMA 35 NURUL ULUM JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Ahmad Siddiq Jember.

[img] Text
AIDA LUTFIYAH(T20184048).pdf

Download (3MB)

Abstract

Abstrak
Aida Lutfiyah, 2022: Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) pada Pembelajaran Membaca Permulaan Siswa Kelas IB MIMA 35 Nurul Ulum Jember.
Membaca adalah memberikan terjemahan simbol dalam suara yang dikombinasi dengan kata-kata, dan disusun sehingga kita dapat belajar memahaminya. Kegiatan membaca merupakan pemerolehan dan pemahaman ide. Pembelajaran Bahasa Indonesia membaca permulaan di MIMA 35 Nurul Ulum Jember menggunakan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik), dikarenakan berdasarkan pengalaman yang dilakukan oleh guru melalui penerapan metode ceramah dan tanya jawab siswa kurang bersemangat dalam kegiatan pembelajaran. adanya metode ini dapat membantu guru dalam menyampaikan materi secara efektif.
Fokus penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana perencanaan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) pada pembelajaran membaca permulaan siswa kelas 1B MI Maarif 35 Nurul Ulum Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) pada pembelajaran membaca permulaan siswa kelas 1B MI Maarif 35 Nurul Ulum Jember? 3) Bagaimana evaluasi metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) pada pembelajaran membaca permulaan siswa kelas 1B MI Maarif 35 Nurul Ulum Jember?.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui perencanaan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) pada pembelajaran membaca permulaan siswa kelas 1B MI Maarif 35 Nurul Ulum Jember 2) Untuk mengetahui pelaksanaan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) pada pembelajaran membaca permulaan siswa kelas 1B MI Maarif 35 Nurul Ulum Jember 3) Untuk mengetahui evaluasi metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) pada pembelajaran membaca permulaan siswa kelas 1B MI Maarif 35 Nurul Ulum Jember.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Subyek penelitian dipilih secara purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis dataya menggunakan analisis deskriptif kualitatif model interaktif Miles & Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dalam penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) perencanaan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) pada pembelajaran membaca permulaan siswa kelas 1B MI Maarif 35 Nurul Ulum Jember 2) pelaksanaan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) pada pembelajaran membaca permulaan siswa kelas 1B MI Maarif 35 Nurul Ulum Jember 3) evaluasi metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) pada pembelajaran membaca permulaan siswa kelas 1B MI Maarif 35 Nurul Ulum Jember.menggunakan dua jenis evaluasi yaitu tes dan non tes. Penerapan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) pada pembelajaran membaca permulaan terlaksana dengan baik dan efektif, peserta didik lebih aktif juga tambah semangat dalam belajar Bahasa Indonesia membaca permulaan.

Kata Kunci: Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik), Pembelajaran Bahasa Indonesia Membaca Permulaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Nn Aida Lutfiyah
Date Deposited: 09 Aug 2022 08:24
Last Modified: 09 Aug 2022 08:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9355

Actions (login required)

View Item View Item