Penerapan Strategi Critical Incident Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII Di MTs Yayasan Islam Nahdlatuth Thalabah Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Imam Zamahsari, Fathoni (2022) Penerapan Strategi Critical Incident Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII Di MTs Yayasan Islam Nahdlatuth Thalabah Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Imam Zamahsari Fathoni T20151126.pdf

Download (2MB)

Abstract

Imam Zamahsari Fathoni, 2022. Penerapan Strategi Critical Incident Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas Viii Di MTs Yayasan Islam Nahdlatuth Thalabah Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa sebagian besar teknik dan suasana pengajaran di Madrasah - madrasah dalam pembelajaran fikih yang digunakan guru lebih menekankan pada ranah kognitif saja dan mengabaikan ranah afektif dan psikomotorik. Sehingga pada penerapan strategi critical incident (pengalaman penting) yang memungkinkan tumbuhnya pengalaman peserta didik untuk terlibat aktif dalam pengguasaan kompetensi yang berpusat kepada siswa (student active), yang mendorong kemampuan berfikir tingkat tinggi.
Berdasarkan dengan permasalahan di atas, maka fokus penelitian adalah: (1) Bagaimana Perencanaan Strategi Critical Incident pada Mata Pelajaran Fikih kelas VIII di MTs Yasinat Wuluhan Jember ? (2) Bagaimana Pelaksanaan Strategi Critical Incident pada Mata Pelajaran Fikih kelas VIII di MTs Yasinat Wuluhan Jember ? (3) Bagaimana Evaluasi Strategi Critical Incident pada Mata Pelajaran Fikih kelas VIII di MTs Yasinat Wuluhan Jember ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Jenis penelitian penelitian lapangan (field reserach). Teknik pengumpulan data: 1) Wawancara 2) Observasi, dan 3) Dokumenasi. Keabsahan data ada dua macam: 1) Triangulasi sumber, dan 2) Triangulasi teknik. Dan analisis data menggunakan model interaktif Milles, Huberman dan Saldana.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan Startegi Critical Incident Pada Pembelajaran Fikih Kelas VIII Di MTs YASINAT Wuluhan Jember. Penyusunan perencanaan pengembangan perangkat pembelajaran yaitu Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), yang menjadi acuan atau pedoman oleh guru fikih yaitu silabus, kemudian langkah-langkah dalam menyusun RPP adalah sebagai berikut: 1. Apersepsi, 2. Mengembangkan materi yang akan diajarkan, 3. Menentukan metode, 4. Merencanakan penilaian. (2) Pelaksanaan Startegi Critical Incident Pada Pembelajaran Fikih Kelas VIII Di MTs YASINAT Wuluhan Jember. Proses pembelajaran menggunakan salah satu pendekatan pembelajaran aktif yaitu strategi critical incident (pengalaman penting) kegiatan pembelajaran yang melibatkan siswa sejak awal pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan adalah praktik langsung dan mensimulasikan. (3) Evaluasi Startegi Critical Incident Pada Pembelajaran Fikih Kelas VIII Di MTs YASINAT Wuluhan Jember. Penilaian pembelajaran yang digunakan yaitu mencakup ranah, kognitif, psikomotorik, afektif, dan remedial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Depositing User: imam zamahsari fathoni
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:12
Last Modified: 13 Jul 2022 04:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9361

Actions (login required)

View Item View Item