Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga pada Materi Sistem Saraf Manusia untuk Siswa Kelas XI IPA SMA Sultan Agung Kecamatan Puger Kabupaten Jember

Nadiyah, Halimatul (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga pada Materi Sistem Saraf Manusia untuk Siswa Kelas XI IPA SMA Sultan Agung Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negri Kia Achamd Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi halimatul nadiyah bismillah revisi.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata kunci: Media pembelajaran, sistem saraf permainan ular tangga dan model ADDIE
Pemilihan media yang tepat akan mempengaruhi proses pembelajaran yang berlangsung, karena media pembelajaran merupakan alat bantu yang sangat diperlukan untuk menunjang keberhasilan pembelajaran serta ketercapaian tujuan pembelajaran. Dari analisis kebutuhan dapat diketahui bahwa 90% siswa di SMA Sultan Agung Kecamatan Puger Kabupaten Jember mengalami kesulitan dalam memahami materi sistem saraf serta mengalami kebosanan dan kejenuan saat pembelajaran. Kejenuan dan kebosan yang dialami oleh siswa dipengaruhi oleh metode yang digunakan guru saat pembelajaran yakni metode cerama sedangkan 80% siswa lebih menyukai pembelajaran yang berpusat pada siswa seperti diskusi, selain itu media pembelajaran yang digunakan disekolahan Sultan Agung Kecamatan Puger Kabupaten Jember yakni media papan tulis saja, hal tersebut membuat pembelajaran menjadi monoton dan membosankan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kebosan serta kejenuan siswa saat pembelajaran terutama pembelajaran materi sistem saraf manusia dengan cara membuat media pembelajaran yang dapat membuat siswa berperan aktif dalam pembelajaran contonya media yang dapat digunakan yakni permainan ular tangga.
Tujuan dari penelitian yakni mendeskripsikan validitas media pembelajaran permainan ular tangga yang sesuai dengan materi sistem saraf manusia, mendeskripsikan kepraktisan media pembelajaran permainan ular tangga pada materi sistem saraf manusia, mendeskripsikan efektifitas media pembelajaran permainan ular tangga pada materi sistem saraf manusia, penelitian ini termasuk dalam penelitian penelitian pengembangan ( dengan menggunkan model ADDIE yang mana model ini memiliki lima tahapan yang terdiri dari Analyse (analisis), Design (desain), Develop (pengembangan), Implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi).
Kesimpulan dari penelitian ini yakni 1) tingkat kevalidan media pembelajaran permainan ular tangga materi sistem saraf manusia dapat dikategorikan sangat validan dengan perolehan persentase total validasi soal 85,83%, validasi materi 95,3%, validasi media 92,38% dan guru biologi 95,9%, 2) tingkat keyakan media media pembelajaran permainan ular tangga materi sistem saraf manusia dapat dikategorikan layak digunakan dalam pembelajaran dengan perolehan hasil angket respon siswa sebanyak 87,8% dengan katagori sangat valid, 3) tingkat keefektifan media pembelajaran permainan ular tangga materi sistem saraf manusia diperolah dari evaluasi pembelajaran menggunkan data ketuntasan siswa secara individual. Hasil persentasi pembelajaran secara klasik yakni 93,33 siswa tuntas dan 6,67 siswa tidak tuntas. Sehingga pembelajaran menggunkan media pembelajaran permainan ular tangga materi sistem saraf manusia dapat dikategorikan sangat efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0608 Zoology > 060805 Animal Neurobiology
Depositing User: Halima tul Nadiyah
Date Deposited: 12 Jul 2022 02:54
Last Modified: 12 Jul 2022 02:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9364

Actions (login required)

View Item View Item