Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Bidang Studi Fikih Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan

Ariftama, Khirza Fahira (2022) Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Bidang Studi Fikih Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Khirza Fahira Ariftama_T20181254.pdf

Download (4MB)

Abstract

Khirza Fahira Ariftama, 2022: Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Bidang Studi Fikih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan. Kata Kunci: Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar. Pemanfaatan lingkungan sekolah dengan tujuan meningkatkan motivasi belajar ternyata mempunyai peran yang cukup berpengaruh dengan minat belajar peserta didik. Lingkungan sekolah mampu menjadi sumber belajar bagi peserta didik. Lingkungan sekolah dibedakan menjadi tiga lingkungan fisik, lingkungan sosial, dan lingkungan akademis. Fokus penelitian ini sebagai berikut 1) Bagaimana pemanfaatan lingkungan fisik dalam meningkatkan motivasi belajar intrinsik peserta didik pada bidang studi fikih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan? 2) Bagaimana pemanfaatan lingkungan sosial dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada bidang studi fikih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan? 3) Bagaimana pemanfaatan lingkungan akademis dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada bidang studi fikih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan? Tujuan penelitian ini yaitu untuk: 1) Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan fisik dalam meningkatkan motivasi belajar pada bidang studi fikih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan 2) Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan sosial dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada bidang studi fikih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan 3) Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan akademis dalam meningkatkan motivasi belajar pada bidang studi fikih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan Untuk mencapai tujuan di atas penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang dikembangkan oleh Miles, Huberman, dan Saldana tahun 2014. Sedangkan untuk menguji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian: 1) Kegiatan pembelajaran yang ada di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan dengan sarana-prasarana yang tersedia sudah cukup memadahi dan mendukung dalam pembelajaran fikih dan pembelajaran lainnya. Dari fasilitas dan kondisi lingkungan yang ada di madrasah diharapkan motivasi belajar dari peserta didik bisa tumbuh dalam dirinya.2) Kegiatan pembelajaran yang terselenggara di madrasah sudah baik terutama keaktifan peserta didik mengikuti kegiatan yang diadakan oleh madrasah. 3) Kegiatan belajar akan lebih efektif dan efisien jika ketersediaan sumber dan bahan ajar memadahi di sekolah tersebut. Memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dipercaya mampu meningkatkan cara berpikir kritis peserta didik. Oleh karena itu, hubungan antara motivasi belajar dengan memanfaatkan lingkungan madrasah sangat berkaitan terutama dalam meningkatkan minat belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Perpustakaan Khirza Fahira Ariftama
Date Deposited: 12 Jul 2022 00:43
Last Modified: 12 Jul 2022 00:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9393

Actions (login required)

View Item View Item