Pengembangan Media Pembelajaran Reading and Listening Menggunakan Platform Blogging untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam 02 Bades Kabupaten Lumajang

Rohmah, Miftahur (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Reading and Listening Menggunakan Platform Blogging untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam 02 Bades Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Miftahur Rohmah_T20174090.pdf

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK
Miftahur Rohmah, 2022: Pengembangan Media Pembelajaran Reading and Listening Menggunakan Platform Blogging untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam 02 Bades Kabupaten Lumajang.
Kata kunci: Pengembangan Media, Media Reading and Listening, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik
Kesulitan saat memahami materi dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh sebab itu peneliti melakukan pengembangan media pembelajaran Reading and Listening dengan harapan agar dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa.
Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: 1) bagaimana prosedur pengembangan media pembelajaran Reading and Listening menggunakan platform blogging pada pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam 02 Bades Kabupaten Lumajang? 2) bagaimana tingkat kelayakan pengembangan media pembelajaran Reading and Listening menggunakan platform blogging terhadap pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam 02 Bades Kabupaten Lumajang? 3) bagaimana efektivitas pengembangan media pembelajaran Reading and Listening menggunakan platform blogging terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam 02 Bades Kabupaten Lumajang?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk menjelaskan prosedur pengembangan media pembelajaran Reading and Listening menggunakan platform blogging pada pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam 02 Bades Kabupaten Lumajang. 2) untuk menganalisa tingkat kelayakan pengembangan media pembelajaran Reading and Listening menggunakan platform blogging pada pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam 02 Bades Kabupaten Lumajang. 3) untuk menganalisa efektivitas pengembangan media pembelajaran Reading and Listening menggunakan platform blogging dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam 02 Bades Kabupaten Lumajang.
Adapaun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development. Model yang digunakan pada penelitian dan pengembangan ini mengadaptasi pada model penelitian ADDIE yang terdiri atas lima tahapan, yaitu analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (penerapan), dan evaluation (evaluasi).
Hasil dari penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa: 1) prosedur pengembangan media Reading and Listening melalui lima tahapan, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. 2) Kelayakan media diperoleh dari hasil rata-rata dari 3 validator media mencapai 91% sehingga media ini termasuk dalam kategori sangat layak digunakan 3) sedangkan efektvitas penggunaan media Reading and Listening dapat diketahu melalui hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai pre-test adalah 65 dan nilai post-test adalah 75 dan Dengan demikian, media pembelajaran Reading and Listening berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Miftahur Rohmah Rohmah
Date Deposited: 13 Jul 2022 03:24
Last Modified: 13 Jul 2022 03:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9394

Actions (login required)

View Item View Item