Implementasi Strategi Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Pada Masa Pandemi Di Koperasi BMT UGT Sidogiri Capem Kraksaan-Probolinggo

Maisaroh, Siti (2022) Implementasi Strategi Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Pada Masa Pandemi Di Koperasi BMT UGT Sidogiri Capem Kraksaan-Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

This is the latest version of this item.

[img] Text
SITI MAISAROH_E20171027.pdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Siti Maisaroh, Prof. Dr. H. Babun Suharto, SE., M.M, 2022: Implementas Strategi Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Koperasi BMT UGT Sidogiri Capem Kraksaan.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan bisnis perbankan yang semakin pesat pada masa pandemi Covid 19 di saat ini, menuntut seluruh perusahaan untuk bersaing dalam meningkatkan kualitas pelayanan agar dapat memberikan pelayanan jasa yang memuaskan sehingga bisa pengaruhi masyarakat untuk menjadi nasabah. Tujuan dari meningkatkan kualitas pelayanan ini supaya nasabah menjadi loyal terhadap lembaga keuangan dan dapat bertahan dalam persaingan di masa pandemi ini. Pelayanan prima berperan penting bagi setiap lembaga, karena pelayanan prima dapat meningkatkan kualitas lembaga keuangan tersebut.
Fokus penelitian dalam skripsi ini ialah: 1) Bagaimana implementasi strategi pelayanan prima dalam meningkatkan loyalitas nasabah pada masa pandemi di Koperasi BMT UGT Sidogiri capem Kraksaan? 2) Bagaimana kendala strategi pelayanan prima dalam meningkatkan loyalitas nasabah pada masa pandemi di Koperasi BMT UGT Sidogiri capem Kraksaan? 3) Bagaimana upaya yang dilakukan Lembaga Koperasi BMT UGT Sidogiri capem Kraksaan untuk mengatasi kendala strategi pelayanan prima dalam meningkatkan loyalitas nasabah pada masa pandemi saat ini?. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pelayanan apa yang diterapkan di lembaga Koperasi BMT UGT Sidogiri Capem Kraksaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis field research atau penelitian lapangan. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, awawancara, dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan metode analisis deskriptif yaitu informasi dan data yang sudah didapat dilapangan selanjutnya di analisis dan diambil kesimpulannya.
Hasil penelitian yang sudah dilakukan pada BMT UGT Sidogiri Capem Kraksaan meliputi penerapan strategi pelayanan prima dalam meningkatkan loyalitas nasabah ini sangat penting. Dilihat dari hasil wawancara yang dilakukan peneliti dengan nasabah, bahwa lembaga BMT UGT Sidogiri Capem Kraksaan menerapkan tiga strategi pelayanan prima dalam meningkatkan loyalitas nasabah pada masa pandemi yaitu strategi pelayanan sarana dan prasarana, strategi pelayanan periklanan atau promosi, dan strategi jemput bola. Sementara dalam menerapkan strategi tersebut terdapat beberapa kendala, namun lembaga BMT UGT Sidogiri Capem Kraksaan telah melakukan berbagai upaya dalam mengatasi kendala tersebut. Hal ini dilakukan lembaga BMT untuk dapat bertahan di persaingan bisnis pada masa pandemi ini dan mampu meningkatkan serta mempertahankan loyalitas nasabah.
Kata kunci: Strategi pelayanan prima, loyalitas nasabah, BMT UGT Sidogiri
Capem Kraksaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Siti Maisaroh
Date Deposited: 13 Jul 2022 07:30
Last Modified: 14 Jul 2022 02:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9429

Available Versions of this Item

  • Implementasi Strategi Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Pada Masa Pandemi Di Koperasi BMT UGT Sidogiri Capem Kraksaan-Probolinggo. (deposited 13 Jul 2022 07:30) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item