ashar rozikin, mochammad fadiel (2022) PELAKSANAAN BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 1B DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL- ITTIHAD DESA TUKUM KECAMATAN TEKUNG KABUPATEN LUMAJANG TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH achmad Siddiq Jember.
Text
Mochammad Fadiel Ashar Rozikin_T20154094.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Fadil , 2022, Pelaksanaan Bimbingan Belajar dalam Mengembangkan kemampuan Membaca Siswa Kelas 1B Di Madrasah Ibtidaiyah AL- ITTIHAD Desa Tukum Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang Tahun Ajaran 2021/2022
Kata Kunci : Bimbingan Belajar, Kemampuan Membaca Siswa
Kegiatan bimbingan yang bertujuan membantu individu (siswa) dalam mencapai keberhasilan belajar secara optimal. bimbingan belajar ini diutamakan kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar. Melalui bimbingan belajar ini maka siswa dapat secara terbuka memahami dan menerima kelebihan dan kekurangannya, memahami kesulitan belajarnya, memahami faktor penyebab dan memahami pula bagaimana mengatasi kesulitannya.
Fokus penelitian ini: 1) Bagaimana perencanaan bimbingan belajar individu dalam mengembangkan kemampuan membaca siswa kelas 1b di Madrasah Ibtidaiyah Al Ittihad Desa Tukum kecamatan Tekung kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2021/2022 ?,2) Bagaimana pelaksanaan bimbingan belajar individu dalam mengembangkan kemampuan membaca siswa kelas 1b di Madrasah Ibtidaiyah Al Ittihad Desa Tukum kecamatan Tekung kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2021/2022 ?,3) Bagaimana evaluasi bimbingan belajar individu dalam mengembangkan kemampuan membaca siswa kelas 1b di Madrasah Ibtidaiyah Al Ittihad Desa Tukum kecamatan Tekung kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2021/2022 ?
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan Jenis field research. Penentuan subyek penelitian dilakukan secara Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi non partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Analisis Data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi Sumber dan triangulasi teknik.
Kesimpulan Penelitian: 1) Perencanaan melalui beberapa tahapan yaitu tahap penentuan kegiatan kemudian penentuan sumber daya terkait tenaga dan materi kemudian penetuan jadwal kegiatan yaitu kapan kegiatan tersebut akan dilaksanakan, berapa jam pelaksanaannya. 2) Pelaksanaan melalui kegiatan literasi yaitu budaya membaca setelah jam istirahat dengan di dampingi oleh guru selama 15 menit, Kemudian dengan adanya kegiatan bimbingan belajar membaca setelah pulang jam sekolah selama 15 menit juga. 3) Evaluasi Bimbingan Belajar Individu dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1b di Madrasah Ibtidaiyah Al Ittihad Desa Tukum kecamatan Tekung kabupaten Lumajang ada dua yaitu evaluasi dari kegiatan literasi yang dilaksanakan satu tahuin satu kali pada rapat akhir tahun, kemudian evaluasi dari bimbingan belajar membaca setelah pulang sekolah yang di evaluasi langsung oleh wali kelas yaitu satu minggu satu kali dan hasilnya selalu menunjukan hal positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Mochammad fadiel Ashar Rozikin |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 08:33 |
Last Modified: | 12 Jul 2022 08:33 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9443 |
Actions (login required)
View Item |