Implementasi Active Learning Metode Card Sort Pada Pembelajaran Fiqih Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kelas XI Madrasah Aliyah Al Haq Benculuk Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022

Fitriani, Dwi (2022) Implementasi Active Learning Metode Card Sort Pada Pembelajaran Fiqih Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kelas XI Madrasah Aliyah Al Haq Benculuk Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DWI FITRIANI_T20181133.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran yang baik membuat peserta didik kreatif dalam melibatkan dirinya di keseluruhan pembelajaran. Berdasarkan observasi di Madrasah Aliyah Al Haq siswa kurang aktif dan tidak ada gerakan fisik yang muncul pada proses pembelajaran. Kurangnya minat dalam pembelajaran membuat siswa kurang memahami materi sehingga berdampak pada hasil belajar.Berdasarkan beberapa masalah di atas pendidik menerapkan Metode Card Sort Pada Pembelajaran Fiqih. Hal tersebut membuat peneliti ingin meneliti lebih lanjut mengenai Penerapan Metode Card Sort Pada Pembelajaran Fiqih dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kelas XI.

Fokus penelitian skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Penerapan Metode Card Sort dan Hasilnya Pada Ranah Kognitif Mata Pelajaran Fiqih Pada Peserta Didik Kelas XI Madrasah Aliyah Al-Haq Benculuk Banyuwangi? 2) Bagaimana Penerapan Metode Card Sort dan Hasilnya Pada Ranah Afektif Mata Pelajaran Fiqih Pada Peserta Didik Kelas XI Madrasah Aliyah Al-Haq Benculuk Banyuwangi? 3) Bagaimana Penerapan Metode Card Sort dan Hasilnya Pada Ranah Psikomotorik Mata Pelajaran Fiqih Pada Peserta Didik Kelas XI Madrasah Aliyah Al-Haq Benculuk Banyuwangi?

Tujuan penelitian skripsi ini yaitu: 1) Mendeskripsikan Penerapan Metode Card Sort dan Hasilnya Pada Ranah Kognitif Mata Pelajaran Fiqih Pada Peserta Didik Kelas XI Madrasah Aliyah Al-Haq Benculuk Banyuwangi, 2) Mendeskripsikan Penerapan Metode Card Sort dan Hasilnya Pada Ranah Afektif Mata Pelajaran Fiqih Pada Peserta Didik Kelas XI Madrasah Aliyah Al-Haq Benculuk Banyuwangi, 3) Mendeskripsikan Penerapan Metode Card Sort dan Hasilnya Pada Ranah Psikomotorik Mata Pelajaran Fiqih Pada Peserta Didik Kelas XI Madrasah Aliyah Al-Haq Benculuk Banyuwangi.

Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, serta analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan

Hasil penelitian skripsi ini adalah: 1. Penerapan Metode Card Sort dan Hasilnya Pada Ranah Kognitif Mata Pelajaran Fiqih Pada Peserta Didik Kelas XI Madrasah Aliyah Al-Haq Benculuk penerapannya di kelas yakni: a)Meminta peserta didik untuk mengingat materi sebelumnya, b)Siswa diminta untuk memahami materi dan petunjuk metode terlebih dahulu, c)Siswa akan diarahkan untuk mengerjakan kompetensi. Hasilnya yakni: (1) Menguatkan daya ingat siswa, (2) Pemahaman materi, (3) Meningkatkan hasil belajar. 2. Penerapan Metode Card Sort dan Hasilnya Pada Ranah Afektif Mata Pelajaran Fiqih Pada Peserta Didik Kelas XI Madrasah Aliyah Al-Haq Benculuk yakni: a) Siswa diminta untuk memahami materi dan petunjuk metode terlebih dahulu, b) Siswa akan diarahkan menganalisis materi pada kartu tersebut, 3) Siswa akan diminta untuk bekerja mandiri atau bersama teman, 4) Beberapa siswa akan menjelaskan materi yang ada pada kartu tersebut. Menghasilkan beberapa hal yaitu: (1) Kesiapan Menerima Pembelajaran, (2)Kemauan berpikir, (3)Kemauan berkomunikasi. 3. Penerapan Metode Card Sort dan Hasilnya Pada Ranah Psikomotorik Mata Pelajaran Fiqih Pada Peserta Didik Kelas XI Madrasah Aliyah Al-Haq Benculuk mengarah pada gerakan fisik siswa harus menempel kartu yang dipegang dibawah kartu inti yang sudah ditempelkan di papan tulis.

Kata Kunci: Metode Card Sort; Hasil Belajar; Pembelajaran Fiqih

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Dwi Fitriani
Date Deposited: 12 Jul 2022 09:16
Last Modified: 12 Jul 2022 09:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9462

Actions (login required)

View Item View Item