Pengembangan Booklet Digital Pada Materi Perubahan Lingkungan Berdasarkan Kajian Masalah Eksploitasi Gumuk Kecamatan Kalisat untuk Siswa Kelas X MIPA di SMA Negeri Kalisat Jember

Ahmad, Shodikin (2022) Pengembangan Booklet Digital Pada Materi Perubahan Lingkungan Berdasarkan Kajian Masalah Eksploitasi Gumuk Kecamatan Kalisat untuk Siswa Kelas X MIPA di SMA Negeri Kalisat Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (11MB)

Abstract

Bahan ajar merupakan seperangkat alat pembelajaran, batasan - batasan, metode, serta mengevaluasi secara sistematis untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Berdasarkan hasil wawancara dengan Ibu Rosyidah selaku guru biologi SMA Negeri Kalisat, bahwa guru biologi dan peserta didik menggunakan bahan ajar berupa buku paket yang tersedia di perpustakaan dan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Sedangkan berdasarkan hasil analisis kebutuhan peserta didik sebanyak 100% mengatakan setuju jika terdapat variasi bahan ajar. Booklet menjadi pilihan untuk menunjang proses belajar yang menyenangkan dan menarik bagi siswa. Booklet merupakan sebuah media yang efektif dan efisien jika digunakan dalam pembelajaran, berisi berbagai informasi penting, disusun menggunakan bahasa yang baku, jelas, mudah dipahami oleh pembaca. Selain itu, berdasarkan hasil analisis karakteristik peserta didik sebanyak 97,1% setuju jika dikembangkan bahan ajar dengan konteks kehidupan nyata. Salah satu potensi yang dapat diangkat menjadi sumber materi perubahan lingkungan ialah Kabupaten Jember sebagai kota 1000 gumuk yang memiliki masalah lingkungan berupa eksploitasi gumuk.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk: 1) mendeskripsikan kevalidan pengembangan booklet digital pada materi perubahan lingkungan berdasarkan kajian masalah eksploitasi gumuk kecamatan Kalisat untuk siswa kelas X di SMA Negeri Kalisat Jember, 2) mendeskripsikan respon siswa terhadap pengembangan booklet digital pada materi perubahan lingkungan berdasarkan kajian masalah eksploitasi gumuk kecamatan Kalisat untuk siswa kelas X di SMA Negeri Kalisat Jember, 3) mendeskripsikan keefektifan pengembangan booklet digital pada materi perubahan lingkungan berdasarkan kajian masalah eksploitasi gumuk kecamatan Kalisat untuk siswa kelas X di SMA Negeri Kalisat Jember.
Jenis penelitian yang digunakan merupakan Research and Development dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Kalisat, instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara dan lembar angket. Dalam penelitian ini menggunakan 2 validator ahli materi, 2 validator ahli media, 1 validator ahli bahasa, 1 validator ahli evaluasi dan 1 Guru Biologi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil validasi ahli materi memperoleh persentase sebesar 82,69% dengan kriteria sangat valid, rata-rata hasil validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 94,99% dengan kriteria sangat valid, validasi ahli bahasa memperoleh persentase sebesar 90,27%, validasi ahli evaluasi memperoleh persentase sebesar 95,83% dan validasi guru memperoleh persentase sebesar 93,37% dengan kriteria sangat valid dan untuk rata-rata angket respons siswa diperoleh hasil sebesar 88,73% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan keefektifan produk diperoleh hasil Uji T-Test dan N-Gain yaitu : = 0,44 maka dapat disimpulkan bahan ajar booklet digital dikategorikan
Kata Kunci : Booklet Digital, Eksploitasi, Gumuk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060208 Terrestrial Ecology
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: AHMAD SHODIKIN
Date Deposited: 12 Jul 2022 02:03
Last Modified: 12 Jul 2022 02:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9479

Actions (login required)

View Item View Item