Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII Di Sekolah Menengah Pertama Ma'arif Genteng Banyuwangi Tahun Ajaran 2021/2022

Nasri, Ferriza Nur Rofiqa (2022) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII Di Sekolah Menengah Pertama Ma'arif Genteng Banyuwangi Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ferriza Nur Rofiqa Nasri_T20181426.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Ferriza Nur Rofiqa Nasri, 2022. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Ma’arif Genteng Banyuwangi Tahun Ajaran 2021/2022. Kata Kunci: Two Stay Two Stray, Pembelajaran Aqidah Akhlak. Latar belakang penelitian adalah bahwa sebagian besar tingkat keaktifan siswa masih rendah ketika proses pembelajaran berlangsung, masih banyak siswa yang pasif, enggan memperhatikan materi yang diberikan guru sehingga pembelajaran yang dilaksanakan menjadi kurang maksimal. Sehingga pada implementasi model pembelajaran Two Stay Two Stray yang memungkinkan tumbuhnya pengalaman siswa untuk terlibat aktif dalam penguasaan kompetensi secara utuh melalui pembelajaran yang berpusat kepada siswa (student active), serta mampu bekerja sama, bertanggung jawab dan bersosialisasi dengan baik. Berdasarkan dengan permasalahan di atas, peneliti berupaya untuk mengungkapkan secara mendalam tentang implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII di SMP Ma’arif Genteng Banyuwangi dengan fokus penelitian: (1) Bagaimana implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada mata pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII di SMP Ma’arif Genteng Banyuwangi Tahun Ajaran 2021/2022? (2) Apa saja kekurangan dan kelebihan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada mata pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII di SMP Ma’arif Genteng Banyuwangi Tahun Ajaran 2021/2022? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di SMP Ma’arif Genteng Banyuwangi dengan beberapa langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada perencanaan pembelajaran Aqidah Akhlak yaitu menyusun RPP sesuai dengan prosedur dari pemerintah dengan menggunakan kurikulum 2013. Pada pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak ada beberapa tahapan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Di dalamnya guru lebih banyak menerapkan strategi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS) dan menggunakan metode diskusi, kerja kelompok dan presentasi. Pada evaluasi menggunakan tiga ranah, dalam ranah kognitif berupa tes tulis dan tes lisan, ranah afektif berupa sikap dan tingkah laku, dan ranah psikomotorik berupa praktik. (2) Kelebihan dan kekurangan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Kelebihannya adalah pembelajaran berpusat pada siswa dan sarana interaksi antara anak pondok dengan anak luar pondok. Kekurangannya adalah terbatasnya jam pembelajaran dan terkendala pada media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Ferriza Nur Rofiqa Nasri
Date Deposited: 12 Jul 2022 09:25
Last Modified: 12 Jul 2022 09:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9490

Actions (login required)

View Item View Item