Hadis-Hadis Etika Bisnis Dalam Kitab Sunan al-Nasā’ī: Studi Kritik Sanad Hadis

Hidayat, Moch. Faisal Dandi (2022) Hadis-Hadis Etika Bisnis Dalam Kitab Sunan al-Nasā’ī: Studi Kritik Sanad Hadis. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MOCH. FAISAL DANDI HIDAYAT_U20172016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Moch. Faisal Dandi Hidayat, U20172016. 2022: Hadis-Hadis Etika Bisnis Dalam Kitab Sunan al-Nasā’ī (Studi Kritik Sanad Hadis)
Kata Kunci: Etika Bisnis
Banyak kitab-kitab karangan ulama’ yang berkaitan dengan masalah hukum Islam, baik dalam masalah ibadah, muʻāmalah dan lain-lain. Dalam hal ini khususnya dalam muʻāmalah (jual beli). Dalam berbisnis (jual beli), etika harus diterapkan sesuai yang disyariatkan Islam, agar dalam muʻāmalah (jual beli) yang dilakukan tidak hanya mengandung nilai dunia saja, akan tetapi juga mempunyai nilai ibadah dalam muʻāmalah (jual beli). banyak masyarakat yang menjalankan bisnis, namun hanya sekedar menjalankan bisnis begitu saja, dengan tujuan mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya, tanpa memperhatikan aturan-aturan atau batasan-batasan etika dalam berbisnis, tanpa memperhatikan benar dan salah, baik dan tidak baik bahkan halal dan haram.
Etika dalam berbisnis banyak dijelaskan dalam hadis-hadis Nabi, dalam kitab-kitab induk hadis, seperti Kutub al-Tisʻah, salah satunya dalam kitab Sunan al-Nasā’ī yang dalam kitab tersebut ditemukan lima hadis untuk dilakukan penelitian guna untuk mengetahui kualitas sanad hadis, karena tidak semua hadis dalam kitab-kitab induk semuanya ṣaḥīḥ. Sehingga peneliti mengambil judul Hadis-Hadis Etika Bisnis Dalam Kitab Sunan al-Nasā’ī (Studi Kritik Sanad Hadis).
Fokus masalah dalam penelitian ini yaitu: Apa saja hadis-hadis etika bisnis dan bagaimana kualitas sanad hadis-hadis etika bisnis dalam kitab Sunan al-Nasā’ī. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif atau penelitian kepustakaan, karena dalam penelitian ini menggunakan metodologi naratif deskriptif.
Dalam kitab Sunan al-Nasā’ī, ditemukan lima hadis untuk dilakukan penelitian, takhrīj dalam penelitian ini dibatasi dalam Kutub al-Tisʻah, hadis-hadis etika bisnis yang ditemukan dalam kitab Sunan al-Nasā’ī juga akan dilakukan penelitian serta akan dijelaskan derajat hadis-hadis tersebut.
Dari keseluruhan hadis yang sudah diteliti, ditemukan empat hadis berstatus ṣaḥīḥ dalam sanadnya (ṣaḥīḥ al-isnād), yaitu hadis nomor 4395, 4377, 4441, 4408. Dan satu hadis berstatus ḥasan dalam sanadnya (ḥasan al-isnād), yaitu hadis nomor 4414, akan tetapi hadis yang derajatnya Ḥasan ini bisa naik tingkatan derajatnya menjadi ṣaḥīḥ ligairihi, hal itu dikarenakan ada jalur sanad lain yang sama derajatnya, sehingga jalur-jalur sanad tersebut saling menguatkan satu dengan yang lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: Mr Faisal Dandi
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:26
Last Modified: 13 Jul 2022 04:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9492

Actions (login required)

View Item View Item