Pengaruh Kecemasan Matematis (Math Anxiety) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Materi Relasi Dan Fungsi Siswa Kelas VIII di MTs Hidayatul Mubtadiin Sidodadi Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Anggraeni, Dian Putri (2022) Pengaruh Kecemasan Matematis (Math Anxiety) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Materi Relasi Dan Fungsi Siswa Kelas VIII di MTs Hidayatul Mubtadiin Sidodadi Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
REVISI SKRIPSI DIAN PUTRI ANGGRAENI-FIX.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Dian Putri Anggraeni, 2022: Pengaruh Kecemasan Matematis (Math Anxiety) terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Materi Relasi dan Fungsi Siswa Kelas VIII di MTs Hidayatul Mubtadiin Sidodadi Jember Tahun Pelajaran 2021/2022
Kata kunci: kecemasan matematis (math anxiety), pemahaman matematis, matematika

Pentingnya matematika bagi siswa menjadikannya mata pelajaran wajib di sekolah pada semua jenjang pendidikan, tidak terkecuali di MTs Hidayatul Mubtadiin Sidodadi Jember. Akan tetapi dalam proses pembelajaran seringkali terjadi hambatan dalam memahami materi sehingga mempengaruhi keberhasilan pembelajaran. Hambatan tersebut dapat berupa kecemasan yang dikenal dengan istilah Math Anxiety.
Adapun tujuan dari penelitian ini yakni 1) Untuk mendeskripsikan kecemasan matematis sampel penelitian kelas VIII di Mts Hidayatul Mubtadiin Jember Tahun pelajaran 2021/2022, 2) Untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman matematis sampel penelitian kelas VIII di Mts Hidayatul Mubtadiin Jember Tahun pelajaran 2021/2022, 3) Untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematis terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII di Mts Hidayatul Mubtadiin Jember Tahun pelajaran 2021/2022.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di MTs Hidayatul Mubtadiin Sidodadi Jember. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik cluster random sampling dan didapatkan 61 sampel siswa dari 131 siswa populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket kecemasan matematis dan tes kemampuan pemahaman matematis serta analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kecemasan matematis sampel penelitian kelas VIII MTs Hidayatul Mubtadiin Sidodadi Jember dengan kategori sangat tinggi sebanyak (22%), kategori tinggi sebanyak (56%), kategori rendah sebanyak (20%), dan kategori sangat rendah sebanyak (1%). 2) kemampuan pemahaman matematis sampel penelitian kelas VIII MTs Hidayatul Mubtadiin Sidodadi Jember dengan kategori sangat tinggi sebanyak (1%), kategori tinggi sebanyak (43%), kategori rendah sebanyak (51%) dan kategori sangat rendah sebanyak 5%. 3) Terdapat pengaruh signifikan antara kecemasan matematis (math anxiety) terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII MTs Hidayatul Mubtadiin Sidodadi Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010111 Real and Complex Functions (incl. Several Variables)
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0104 Statistics > 010401 Applied Statistics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Dian Putri Anggraeni
Date Deposited: 14 Jul 2022 09:15
Last Modified: 14 Jul 2022 09:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9520

Actions (login required)

View Item View Item