Analisis Tingkat Penjualan Snack dengan Model Repacking Snack dan Sales Promotion (Studi Kasus pada Family Star Desa Wonojati Keacamatan Jenggawah Kabupaten Jember)

Hakim, Lukmanul (2022) Analisis Tingkat Penjualan Snack dengan Model Repacking Snack dan Sales Promotion (Studi Kasus pada Family Star Desa Wonojati Keacamatan Jenggawah Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
lukmanul hakim skripsi full (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Lukmanul Hakim, Dr. Khamdan Rifa'i, SE., M.Si: Analisis Tingkat Penjualan Snack dengan Model Repacking dan Sales Promotion (Studi Kasus pada Family Star Desa Wonojati Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember).
Perkembangan dalam dunia bisnis telah memasuki era yang kompetitif. Perkembangan Industri yang dialami Indonesia telah mengantarkan Indonesia pada perkembangan bisnis yang sangat cepat, khususnya di bidang yang menghasilkan produk kebutuhan sehari-hari seperti industri makanan. Perkembangan industri yang sangat pesat menuntut para pelaku bisnis untuk mengejar persaingan yang semakin ketat. Salah satu strategi yang digunakan guna meningkatkan mutu dan angka penjualan yaitu mengolah makanan ringan dengan metode Repacking Snack. Repacking Snack merupakan inovasi penyediaan produk yang cukup efisien. Pelaku bisnis juga memerlukan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan produk. Sales Promotion merupakan salah satu strategi pemasaran yang dirancang untuk memperkenalkan produk baru, suatu produk dengan penguatan pesan iklan dan citra perusahaan.
Berdasarkan Fokus masalah diatas maka dapat dirumuskan: (1) Bagaimana tingkat penjualan snack dengan model repaking pada bisnis snack Family Star? (2) Bagaimana tingkat penjualan snack dengan sales promotion pada bisnis snack Family Star?
Tujuan penelitian ini antara lain: (1) Untuk mengetahui tingkat penjualan snack dengan model repaking pada bisnis snack Family Star. (2) Untuk memahami tingkat penjualan snack dengan sales promotion pada bisnis snack Family Star.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. pendekatan kualitatif adalah langkah kerja untuk mendeskripsikan suatu objek, fenomena, atau setting sosial dalam suatu tulisan yang bersifat naratif, artinya data dan fakta yang dihimpun berbentuk kata atau gambar dari pada angka-angka. Mendeskripsikan suatu berarti menggambarkan apa, mengapa, dan bagaimana suatu kejadian terjadi. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif, yang bertujuan untuk memaparkan, menggambarkan dan memetakan fakta-fakta berdasarkan cara pandang atau kerangka berfikir tertentu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan teknik repacking pada usaha snack Family Star memiliki keuntungan yaitu besarnya jumlah penjualan karena kemasannya yang lebih ekonomis dan terjangkau bagi konsumen dibandingkan dengan kemasan yang lebih besar. (2) Strategi pemasaran Sales Promotion dapat menambah peluang untuk mendapat konsumen baru dan meningkatkan penjualan produk. Dengan teknik ini perusahaan dapat menjangkau konsumen lebih luas sehingga dapat meningkatkan penjualan.
Kata kunci: Penjualan, Repacking, Sales Promotion

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lukmanul Hakim
Date Deposited: 12 Jul 2022 07:08
Last Modified: 12 Jul 2022 07:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9526

Actions (login required)

View Item View Item