Pembelajaran Aswaja Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di MTs AL-Azhar Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

'anto, Robi (2022) Pembelajaran Aswaja Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di MTs AL-Azhar Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
[WATERMAK]SKRIPSI ROBI'ANTO T20181375 FIX.pdf

Download (7MB)

Abstract

Robi’anto, 2022 Pembelajaran Aswaja Dalam Pembentukan Karakter Siswa di MTs Al Azhar Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Kata Kunci : Pembelajaran, Aswaja, Karakter, Nahdlatul Ulama.

Pendidikan di MTs Al Azhar Jember memberikan pembelajaran pada peserta didik agar dapat meneladani nilai-nilai kebaikan Rasulullah. Hal ini sejalan dengan tujuan pemerintah melalui perundang-undangan yang menjamin penanaman nilai-nilai agama dalam bentuk pendidikan agama dan keagamaan. Proses itu diwujudkan dalam bentuk mata pelajaran Aswaja sebagai ciri khas sekolah-sekolah pada naungan Nahdlatul Ulama. Penelitian oleh Anwar yang berlokasi di Semarang menemukan adanya hubungan pembelajaran aswaja terhadap pembentukan karakter nasionalisme dapat ditandai dengan adanya sikap disiplin dan religius siswa yang meningkat. Namun, tidak dijelaskan secara spesifik mengenai pelaksanaan pembelajaran aswaja dalam pembentukan karakter religius dan disiplin tersebut. Peneliti berinisiatif ingin mengembangkan penelitian terdahulu tersebut.
Fokus penelitian:1).Bagamana pelaksanaan pembelajaran aswaja dalam pembentukan karakter religius di MTs Al-Azhar Jember? 2). Bagaimana pelaksanaan pembelajaran aswaja dalam pembentukan karakter Disiplin di MTs Al-Azhar Jember?. 3). Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pembelajaran aswaja dalam pembentukan karakter di MTs Al-Azhar Jember?
Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan jenis data primernya Kepala Sekolah, Guru mata pelajaran aswaja dan Siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik menurut Miles dan Huberman, yaitu kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini:1). Pembelajaran aswaja dalam pembentukan karakter religius siswa MTs Al Azhar Kaliwates Jember melalui kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Dan juga pembiasaan membaca surah Al Qur’an, penekanan materi, dan kegiatan shalat dzuhur berjama’ah sebelum pulang sekolah. Pembelajaran aswaja diintegrasikan dengan mata pelajaran yang lain yaitu bahasa arab, akidah akhlak, fiqih, dan sejarah kebudayaan islam. 2). Pelaksanaan pembelajaran aswaja dalam pembentukan karakter disiplin siswa MTs Al Azhar Kaliwates Jember adalah kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup, metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode penugasan. Selain itu, melalui keteladanan guru seperti datang tepat waktu. 3). Faktor pendukung pembelajaran aswaja dalam pembentukan karakter siswa MTs Al Azhar Kaliwates Jember yaitu sekolah berada pada lingkup pondok pesantren yang didirikan oleh ulama aswaja, sumber daya guru yang berpaham aswaja, dan program sekolah. Faktor penghambat pembelajaran aswaja dalam pembentukan karakter siswa yaitu adanya pengaruh dari luar yaitu ajaran lain yang bertolak pemahaman dengan aswaja, terbatasnya waktu dalam kegiatan pembelajaran aswaja yakni hanya 2x40 menit dalam satu minggu. Selain itu, kurangnya kesadaran siswa dalam mengikuti arahan dari guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Robi ' Anto
Date Deposited: 13 Jul 2022 08:58
Last Modified: 13 Jul 2022 08:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9532

Actions (login required)

View Item View Item