Pengaruh model pembelajaran number head together (nht) terhadap komunikasi matematis dan keaktifan belajar siswa materi statistika kelas viii di mtsn 7 jember tahun pelajaran 2021/2022

Lutfiah, Umi Uswatul (2022) Pengaruh model pembelajaran number head together (nht) terhadap komunikasi matematis dan keaktifan belajar siswa materi statistika kelas viii di mtsn 7 jember tahun pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
UMI USWATUL LUTFIAH_T20187105.pdf

Download (7MB)

Abstract

Umi Uswatul Lutfiah, 2022: Pengaruh Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) terhadap Komunikasi Matematis dan Keaktifan Belajar Siswa Materi Statistika Kelas VIII di MTsN 7 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Number Head Together (NHT), Komunikasi Matematis, Keaktifan Belajar Siswa.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model pembelajaran yang sangat berkaitan erat dengan komunikasi matematis dan keaktifan belajar siswa. Guna meningkatkan komunikasi matematis dan keaktifan belajar siswa, penggunaan model pembelajaran sangat dibutuhkan saat proses pembelajaran berlangsung. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan komunikasi matematis dan keaktifan belajar siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT).
Tujuan penelitian ini: 1) Untuk mendeskripsikan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. 2) Untuk mendeskripsikan keaktifan belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. 3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) terhadap komunikasi matematis siswa. 4) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) terhadap keaktifan belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain dalam penelitian ini adalah quasy eksperimen design dengan bentuk nonequivalent group posttest only design. Purposive Sampling merupkan teknik yang digunkan untuk pengambilan sampel. Dalam penelitian ini terdapat dua sampel diantaranya kelas eksperimen yaitu kelas VIII A dan kelas kontrol yaitu kelas VIII B. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji statistik deskriptif dan uji statistik inferensial. Uji statistik inferensial menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat diantaranya uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji Z.
Kesimpulan penelitian ini: 1) Komunikasi matematis siswa kelas eksperimen memperoleh rata-rata sebesar 92,77 dan kelas kontrol rata-rata sebesar 82,81 sehingga rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. 2) Keaktifan belajar siswa kelas eksperimen memperoleh rata-rata sebesar 76 dan kelas kontrol memperoleh rata-rata sebesar 68,81 sehingga rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran NHT terhadap komunikasi matematis siswa Materi Statistika Kelas VIII di MTsN 7 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan perolehan Zhitung sebesar 4,739 dan Ztabel sebesar 1,96 dengan taraf signifikan 0,000 ≤ 0,05. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran NHT terhadap keaktifan belajar siswa Materi Statistika Kelas VIII di MTsN 7 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan perolehan Zhitung sebesar 3,415 dan Ztabel sebesar 1,96 dengan taraf signifikan 0,001 ≤ 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs UMI USWATUL LUTFIAH
Date Deposited: 12 Jul 2022 06:54
Last Modified: 12 Jul 2022 06:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9553

Actions (login required)

View Item View Item