Siti Holifatul Hasanah, - (2021) Strategi Diferensiasi Guna Optimalisasi Laba Penjualan Pada Produk Kerajinan Sangkar Burung Di Desa Dawuhanmangli Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Islam Program Studi Ekonomi Syariah.
Text
SITI HOLIFATUL HASANAH_E20162035.pdf Download (4MB) |
Abstract
Siti Holifatul Hasanah, Nurul Setianingrum, S.E., M.M., 2021 : Strategi Diferensiasi Guna Optimalisasi Laba Penjualan Pada Produk Kerajinan Sangkar Burung Di Desa Dawuhanmangli Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember. Di Kabupaten Jember terdapat beberapa kegiatan ekonomi kreatif yang menghasilkan berbagai produk salah satunya sangkar burung. Sangkar burung hasil kerajinan dari Desa Dawuhanmangli Kecamatan Sukowono memiliki keistimewaan tersendiri. Salah satu teknik yang bisa dilakukan adalah dengan cara menciptakan produk yang berbeda. Dengan menerapkan strategi diferensiasi pada usaha yang dilakukan dapat mengoptimalkan penjualan sehingga keuntungan yang didapat akan baik perolehannya. Fokus penelitian dalam skripsi ini (1)Bagaimana Strategi Diferensiasi Pada Produk Kerajinan Sangkar Burung Di Desa Dawuhanmangli Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember.(2)Bagaimana Laba Penjualan Produk Kerajinan Sangkar Burung Di Desa Dawuhanmangli Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember.(3)Apakah Strategi Diferensiasi Dapat Mengoptimalkan Laba Penjualan Pada Produk Kerajinan Sangkar Burung Di Desa Dawuhanmangli Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan penelitian lapangan ( Field Research). Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik Purposive dan menggunakan teknik pengunpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini (1)Strategi Diferensiasi Pada Produk Kerajinan Sangkar Burung Di Desa Dawuhanmangli Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember. Yang pertama adalah strategi diferensiasi dilakukan untuk memberikan perbedaan unik pada produk kerajinan sangkar burung agar dapat menarik dan dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Yang kedua strategi diferensiasi yang diterapkan adalah diferensiasi produk dimana produk yang diproduksi sama yakni kerajinan sangkar burung namun yang membedakan adalah jenis motif lukisan yang dimiliki serta kualitas lukisannya dari masing-masing pengrajin berbeda jenis motif lukisan yang dimiliki para pengrajin antara lain jenis lukisan polosan, metalik, naga, wayang, majalengka, gwk. Para pengrajin menerapkan bauran pemasaran yaitu produk dan harga:a.)Produk yang dihasilkan sama yakni kerajinan sangkar burung ada 2 jenis bentuk kerajinan sangkar burung yakni berbentuk persegi dan berbentuk lingkaran.b.)Harga yang diterapkan oleh setiap pengrajin kerajinan sangkar burung di Desa Dawuhanmangli Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember mulai dari harga yang terjangkau hingga kerajinan sangkar burung yang dihiasi oleh ukiran-ukiran yang bernilai tinggi.(2)Laba Penjualan Produk Kerajinan Sangkar Burung Di Desa Dawuhanmangli Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember. Laba penjualan dari hasil produksi kerajinan sangkar burung mengalami peningkatan yang baik.(3)Strategi Diferensiasi Dapat Mengoptimalakan Laba Penjualan Pada Produk Kerajinan Sangkar Burung Di Desa Dawuhanmangli Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember. Strategi diferensiasi produk dapat meningkatkan target atau mengoptimalkan penjualan produk kerajinan sangkar burung. Kata Kunci : Strategi Diferensiasi, Laba Penjualan, Produk
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 03:07 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 03:07 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9563 |
Actions (login required)
View Item |