Pengaruh Pengetahuan, Gaya Hidup dan Kelompok Acuan Terhadap Loyalitas Konsumen dan Minat Menabung Sebagai Variabel Mediasi.

Qurrotul A’yun, - (2020) Pengaruh Pengetahuan, Gaya Hidup dan Kelompok Acuan Terhadap Loyalitas Konsumen dan Minat Menabung Sebagai Variabel Mediasi. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Islam Program Studi Perbankan Syariah.

[img] Text
QURROTUL A’YUN_E20151253.pdf

Download (5MB)

Abstract

Qurrotul A’yun, Nur Hidayat, SE.,M.M 2020: Pengaruh Pengetahuan, Gaya Hidup dan Kelompok Acuan Terhadap Loyalitas Konsumen dan Minat Menabung Sebagai Variabel Mediasi. Dalam era modern segala sesuatu akan mengalami perkembangan dan perubahan. Termasuk pada setiap perilaku konsumen yang akan mengalami perubahan yang lebih maju. Dan, konsumen akan mencari yang lebih inovatif, terjangkau serta efektif. Oleh karena itu, bank syariah perlu mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada masyarakat. Rumusan Masalah dalam penelitan ini adalah: 1) Apakah pengetahuan berpengaruh terhadap minat menabung? 2) Apakah gaya hidup berpengaruh terhadap minat menabung? 3) Apakah kelompok acuan berpengaruh terhadap minat menabung? 4) Apakah pengetahuan, gaya hidup dan kelompok acuan seseorang berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dengan dimediasi minat menabung? Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pengetahuan berpengaruh terhadap minat menabung? 2) untuk mengetahui gaya hidup berpengaruh terhadap minat menabung? 3) untuk mengetahui kelompok acuan berpengaruh terhadap minat menabung? 4) untuk mengetahui pengetahuan, gaya hidup dan kelompok acuan seseorang berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dengan dimediasi mina tmenabung? Metode penelitian diawali dari pendekatan penelitian kuantitatif teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan responden masyarakat yang pernah atau masih menggunakan tabungan bank syariah. Penelitian ini menggunakan sampel 153 responden. Teknik pengujian instrumen penelitian ini yaitu uji validitas dan reliabilitas. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah Structural Equation Modeling (SEM), yaitu untuk menguji suatu rangkaian hubungan saling ketergantungan antar variabel secara simultan. Dalam analisis SEM, ada tiga hal yang perlu diperhatikan yaitu: Uji Instrumen yaitu uji validitas dan reabilitas; Uji Asumsi Model yaitu asumsi normalitas dan analisis SEM yaitu Uji Goodness of Fit Model Struktural da pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini adalah: 1) Melihat p value (0,267 > 0,05) pengetahuan tidak berpengaruh terhadap minat menabung. 2) melihat p value (0,793 > 0,05)gaya hidup tidak berpengaruh terhadap minat menabung. 3) melihat p value (0,000 < 0,05) kelompok acuan berpengaruh terhadap minat menabung. 4) melihat hasil indirect & direct effects hanya kelompok acuan yang memiliki pengaruh terhadap loyalitas konsumen dan minat menabung sebagai variabel mediasi. Kata Kunci: Pengetahuan, Gaya Hidup, Kelompok Acuan, Minat Menabung, Loyalitas Konsumen, SEM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 11 Jul 2022 03:42
Last Modified: 11 Jul 2022 03:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9581

Actions (login required)

View Item View Item