Internalisasi Nilai Sosial Religius pada Perilaku Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Probolinggo

Maula, Ismiatul (2022) Internalisasi Nilai Sosial Religius pada Perilaku Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Ismiatul Maula T20181482.pdf

Download (6MB)

Abstract

Ismiatul Maula, 2022: Internalisasi Nilai Sosial Religius pada Perilaku Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Probolinggo. Kata Kunci : Internalisasi, Nilai Sosial Religius, Perilaku Siswa. Perkembangan zaman mengakibatkan degradasi moral bagi masyarakat khusunya para remaja. Hal ini membutuhkan adanya inovasi baru dalam pendidikan untuk mengurangi bahkan memberantas kenakalan remaja dengan menginternalisasikan nilai sosial religius. Salah satu Lembaga Pendidikan yang menginternalisasikan nilai sosial religius adalah MAN 2 Probolinggo dengan menerapkan kegiatan kuliah tujuh menit, pembelajaran kitab Sulam At-Taufiq, pembiasaan Shalat Dhuha, Penerapan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun) dan Penerapan sanksi serta hukuman. Fokus penelitian yang diteliti dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana tahap transformasi nilai sosial religius pada perilaku siswa di MAN 2 Probolinggo?. 2) Bagaimana tahap transaksi nilai sosial religius pada perilaku siswa di MAN 2 Probolinggo?. 3) Bagaimana tahap transinternalisasi nilai sosial religius pada perilaku siswa di MAN 2 Probolinggo. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan bagaimana tahap transformasi nilai sosial religius pada perilaku siswa di MAN 2 Probolinggo. 2) Mendeskripsikan bagaimana tahap transaksi nilai sosial religius pada perilaku siswa di MAN 2 Probolinggo. 3) Mendeskripsikan bagaimana tahap transinternalisasi nilai sosial religius pada perilaku siswa di MAN 2 Probolinggo. Pencapaian tujuan tersebut digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik penentuan subyek penelitian menggunakan teknik Purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif Miles, Huberman dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa 1) tahap transformasi nilai sosial religius pada perilaku siswa di MAN 2 Proboliggo dilakukan melalui kuliah tujuh menit setelah shalat Dhuha yang disampaikan oleh perwakilan siswa di depan siswa yang lain dengan tema besar akhlak dan ibadah dan pembelajaran kitab Sulam At-Taufiq di Ma’had yang dilakukan setiap hari senin dan rabu setelah pelaksanaan shalat hajat. 2) tahap transaksi nilai sosial religius pada prilaku siswa di MAN 2 Probolinggo dilakukan melalui pemberian sanksi dan hukuman berupa membaca Al-Quran dan membaca shalawat bersama. 3) tahap transinternalisasi nilai sosial religius pada perilaku siswa di MAN 2 Probolinggo dilakukan dilakukan melalui pembiasaan shalat Dhuha berjamaah guru dan siswa yang mana pada kegiatan ini perwakilan siswa akan menjadi imam sesuai jadwal yang ditentukan dan penerapan 5S dengan penyambutan siswa di pintung gerbang madrasah yang mana siswa wajib memberikan salam, turun dari kendaraan bermotornya dan berlaku sopan santun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Ismiatul Maula
Date Deposited: 12 Jul 2022 01:28
Last Modified: 12 Jul 2022 01:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9582

Actions (login required)

View Item View Item