Pengaruh Karakteristik Syariah Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah Pada BMT UGT Sidogiri Capem Jember Kota.

Siti Maulidiyah, - (2020) Pengaruh Karakteristik Syariah Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah Pada BMT UGT Sidogiri Capem Jember Kota. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Perbankan Syariah.

[img] Text
SITI MAULIDIYAH_E20161061.pdf

Download (8MB)

Abstract

Siti Maulidiyah, M. F. Hidayatullah, S.H.I, M.S.I., 2020: Pengaruh Karakteristik Syariah Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah Pada BMT UGT Sidogiri Capem Jember Kota. Mengingat semakin ketatnya persaingan bisnis sekarang ini, banyak perusahaan dalam melakukan kegiatan pemasarannya menyimpang dari prinsip syariah yang hanya untuk memuaskan pelanggan agar mereka tidak beralih ke tempat lain. Ada juga yang dalam melakukan kegiatan marketing nya masih mengandung nilai-nilai konvensional, yang diantaranya mengandung nilai ketidakpercayaan (su’udzon) dan nilai ketidakjujuran (dusta). Melihat kondisi persaingan sektor lembaga keuangan yang semakin ketat, maka hendaknya memperbaiki strategi usaha dengan pendekatan syariah marketing. Di BMT UGT Sidogiri Capem Jember Kota memiliki beberapa kegiatan religius yang menjadi rutinan, permasalahan disini apakah dengan kegiatan religius yang di terapkan dalam BMT ini berpengaruh terhadap kepuasan nasabah, yang didalamnya juga menerapkan syariah marketing. Oleh karena itu dengan adanya fenomena inilah yang mendorong untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Karakteristik Syariah Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah Pada BMT UGT Sidogiri Capem Jember Kota”. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Apakah karakteristik syariah marketing (teistis, etis, realistis, humanistis) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah pada BMT UGT Sidogiri Capem Jember Kota secara parsial? 2) Apakah teistis, etis, realistis dan humanistis berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pada BMT UGT Sidogiri Capem Jember Kota secara simultan? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui pengaruh antara teistis, etis, realistis dan humanistis terhadap kepuasan nasabah pada BMT UGT Sidogiri Capem Jember Kota secara parsial. 2) Mengetahui pengaruh antara teistis, etis, realistis dan humanistis terhadap kepuasan nasabah pada BMT UGT Sidogiri Capem Jember Kota secara simultan. Populasi penelitian ini 2.790 nasabah BMT UGT Sidogiri Capem Jember Kota. Pengambilan sampel yang berjumlah 97 orang. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian incidental sampling. Teknik analisa yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Secara parsial variabel teistis dengan nilai signifikansi 0,950 > 0,05 dan etis dengan nilai signifikansi 0,072 > 0,05 tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, sedangkan variabel realistis dengan nilai signifikansi 0,009 < 0,05 dan humanistis dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. 2) Secara simultan variabel teistis, etis, realistis, dan humanistis berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kata kunci: karakteristik syariah marketing, kepuasan nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 11 Jul 2022 06:37
Last Modified: 11 Jul 2022 06:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9588

Actions (login required)

View Item View Item