Analisis Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Dalam Memecahkan Masalah Perbandingan Pada SMP Nurul Islam Antirogo Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa

Alufatul, Mukarromah (2022) Analisis Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Dalam Memecahkan Masalah Perbandingan Pada SMP Nurul Islam Antirogo Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Undergraduate thesis, Universitas Islam Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Alufatul Mukaromah_T20187049.pdf

Download (3MB)

Abstract

Alufatul Mukarromah, 2022 : Analisis Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Dalam Memecahkan Masalah Perbandingan Pada SMP NURUL ISLAM Antirogo Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa.

Kata Kunci : Kemampuan Koneksi Matematika, Memecahkan Masalah, Gaya Belajar

Penelitian ini dilatar belakangi oleh bagaimana kemampuan koneksi matematika yang dilakukan oleh siswa dalam memecahkan suatu masalah matematika. Untuk lebih mendukung dan memaksimalkan kemampuan mengkoneksikan matematika di setiap siswa bisa dilihat dengan gaya belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematika siswa SMP pada pemecahan masalah perbandingan ditinjau dari gaya belajar siswa visual, untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematika siswa SMP pada pemecahan masalah perbandingan ditinjau dari gaya belajar siswa audiotori, untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematika siswa SMP pada pemecahan masalah perbandingan ditinjau dari gaya belajar siswa kinestetik.
Jenis penelitian yang digunakan dengan pendeketan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif yang dilakukan di SMP Nuris Jember. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik purposive sampling dan didapat 3 subjek siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Untuk keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi waktu, dimana untuk tes yang diberikan sebanyak 2 kali dengan jeda waktu tujuh hari. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan subjek dengan gaya belajar visual mampu mengkoneksikan ide-ide matematika dengan mata pelajaran yang lain dan mengkoneksikan dengan kehidupan sehari-hari. Gaya belajar audiotori mampu mengkoneksikan ide-ide matematika dengan ide matematika yang lain, mampu mengkoneksikan dengan mata pelajaran yang lain dan mampu mengkoneksikan dengan kehidupan sehari-hari. Gaya belajar kinestetik mampu mengkoneksikan ide-ide matematika dengan ide matematika yang lain, mampu mengkoneksikan dengan mata pelajaran yang lain dan mampu mengkoneksikan dengan kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0105 Mathematical Physics > 010502 Integrable Systems (Classical and Quantum)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Alufatul Mukarromah
Date Deposited: 12 Jul 2022 01:22
Last Modified: 12 Jul 2022 01:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9593

Actions (login required)

View Item View Item