MODEL PEMBELAJARAN KEAGAMAAN BERBASIS MASJID DALAM MENINGKATKAN IBADAH SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AL-BAITUL AMIEN JEMBER (FULL DAY SCHOOL) TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SITI ARBAIYAH, 084 121 205 (2016) MODEL PEMBELAJARAN KEAGAMAAN BERBASIS MASJID DALAM MENINGKATKAN IBADAH SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AL-BAITUL AMIEN JEMBER (FULL DAY SCHOOL) TAHUN PELAJARAN 2015/2016. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar isi dan daftar tabel.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (382kB) | Preview

Abstract

SITI ARBAIYAH, 2016: Model Pembelajaran Keagamaan Berbasis Masjid
dalam Meningkatkan Ibadah Siswa di SMP Al-Baitul Amien Jember (Full Day
School) Tahun Pelajaran 2015/2016.
Manusia merupakan ciptaan Allah SWT yang paling sempurna di muka
bumi ini. Manusia diberi kelebihan oleh Allah dibandingkan makhluk lainnya,
yaitu berupa akal. Dengan kelebihan yang Allah berikan kepada manusia, maka
manusia mempunyai berbagai macam potensi/kemampuan. Untuk
mengembangkan potensi yang dimilikinya maka manusia membutuhkan
pendidikan. Sebagai seorang yang beragama Islam, maka pendidikan agama Islam
sangat penting untuk manusia agar dapat memahami tentang agama yang
dianutnya. Selain itu, pendidikan keagamaan juga sangat dibutuhkan oleh manusia
untuk dapat mengamalkan ajaran agamanya. Dalam pendidikan keagamaan
pastinya terdapat pembelajaran keagamaan. Untuk mencapai tujuan pendidikan
keagamaan, SMP Al-Baitul Amien Jember menerapkan model pembelajaran
keagamaan berbasis masjid dalam meningkatkan ibadah siswa.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian dalam
penelitian ini adalah Bagaimana implementasi model pembelajaran keagamaan
berbasis masjid dalam meningkatkan ibadah (mahdhah dan ghairu mahdhah)siswa di SMP Al-Baitul Amien Jember tahun pelajaran2015/2016? Sedangkan
tujuan penelitiannya adalah mendeskripsikan tentang model pembelajaran
keagamaan berbasis masjid dalam meningkatkan ibadah (mahdhah dan ghairu
mahdhah) siswa di SMP Al-Baitul Amien Jember tahun pelajaran 2015/2016.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
kualitatif dengan jenis penelitian study kasus dengan subjek penelitian
menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data dengan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan
adalah Reduksi Data, penyajian data, dan verification. Untuk menguji keabsahan
data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan metode.
Adapun hasil penelitiannya adalah: 1)Impelementasi pembelajaran
keagamaan berbasis masjid dalam meningkatkan ibadah mahdhah siswa berjalan
dengan maksimal yaitu dengan menggunakan model istiqomah yang dilakukan
setiap hari di SMP Al-Baitul Amien Jember yang berupa pembelajaran sholat
(baik sholat wajib maupun sholat sunnah), membaca Al-Qur’an, dan lain
sebagainya. Dengan menggunakan bahan ajar yang berupa buku panduan SMP
Al-Baitul Amien Jember dan dilengkapi dengan buku agenda siswa SMP AlBaitul

Amien Jember yang berisi tentang kegiatan ibadah seharihari baik
disekolah maupun dirumah. 2) Implementasi pembelajaran keagamaan berbasis
masjid dalam meningkatkan ibadah ghairu mahdhah siswa juga berjalan dengan
secara maksimal dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual dengan
metode pembelajaran ceramah dan pendekatan tadzkirah terutama dalam
mengajari siswa untuk berakhlakul karimah kepada sesama dan lingkungannya

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN KEAGAMAAN BERBASIS MASJID, IBADAH SISWA
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 26 Sep 2017 03:03
Last Modified: 26 Sep 2017 03:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/96

Actions (login required)

View Item View Item