Upaya Pengembangan Nilai Agama dna Moral Melalui Sholat Dhuha Pada Kelompok A Di Raudhatul Athfal Khadijah 59 Pancursari Cluring Banyuwangi

Nida Aulia, Mela (0021) Upaya Pengembangan Nilai Agama dna Moral Melalui Sholat Dhuha Pada Kelompok A Di Raudhatul Athfal Khadijah 59 Pancursari Cluring Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Ahmad Siddiq Jember.

[img] Text
MELA NIDA AULIA_T20175026.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci : Nilai Agama dan Moral, Sholat dhuha
Pada dasarnya setiap manusia memiliki potensi masing-masing sejak
mereka dilahirkan. Maka potensi-potensi yang ada pada diri anak harus
dikembangkan dengan baik, dengan memberikan pendidikan yang sesuai dengan
anak usia dini. Di Raudhatul Athfal Khadijah 59 Banyuwangi sendiri
perkembangan pada semua aspeknya belum berjalan secara maksimal salah
satunya aspek nilai agama dan moral.
Dalam hal ini peneliti mengambil dua fokus penelitian, yaitu: 1)
Bagaimana pencapaian nilai agama dan moral pada kelompok A di Raudhatul
Athfal Khadijah 59 Pancursari Cluring Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022?
2) Bagaimana upaya pengembangan nilai agama dan moral melalui sholat dhuha
pada kelompok A di Raudhatul Athfal Khadijah 59 Pancursari Cluring
Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan pencapaian nilai agama
dan moral pada kelompok A di Raudhatl Athfal Khadijah 59 Pancursari Cluring
Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022. 2) Mendeskripsikan upaya
pengembangan nilai agama dan moral melalui sholat dhuha pada kelompok A di
Raudhatul Athfal Khadijah 59 Pancursari Cluring Banyuwangi tahun pelajaran
2021/2022.
Adapun metode yang dilakukan pada penelitian ini yaitu pendekatan
kualitatif dengan jenis deskriptif. Sedangkan alat pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi
data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan
triangulasi teknik dan sumber data.
Dari hasil penelitian yang dilakukan di Raudhatul Athfal Khadijah 59
Banyuwangi dapat disimpulkan bahwa 1) pencapaian nilai agama dan moral pada
anak sudah mulai berkembang, anak-anak sudah memahami tentang agama yang
dianutnya, dapat menirukan gerakan ibadah yang berurutan dapat dilihat pada saat
kegiatan sholat dhuha yang dilakukan setiap hari senin sampai hari jum‟at,
dilanjutkan dengan kegiatan mengaji, hafalan do‟a harian dan surat-surat pendek.
2) Melalui kegiatan sholat dhuha peserta didik sebagai salah satu upaya
pengembangan nilai agama dan moral sudah banyak yang mengalami perubahan
dari belum berkembang menjadi mulai berkembang. Tetapi masih ada beberapa
anak yang belum berkembang karena belum mengikuti kegiatan sholat dhuha
dengan baik dan benar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nilai Agama dan Moral, Sholat dhuha
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mela Nida Aulia
Date Deposited: 14 Jul 2022 08:18
Last Modified: 14 Jul 2022 08:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9601

Actions (login required)

View Item View Item