Lestari, Diah Ayu (2022) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Statistika Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII SMPN 4 Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.
Text
DIAH AYU LESTARI_T20187065.pdf Download (7MB) |
Abstract
Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Masalah Statistika, Gaya Kognitif
Pelajaran matematika memiliki beraneka ragam karakteristik, salah satu
karakteristika matematika adalah mempunyai objek yang bersifat abstrak. Sifat
abstrak inilah yang menyebabkan banyak siswa mengalami kesulitan dalam
matematika. Kesulitan yang dialami siswa inilah yang memungkinkan terjadinya
kesalahan ketika menjawab soal. Melalui analisis kesalahan akan diketahui jenis�jenis kesalahan yang dialami oleh siswa, sehingga guru dapat memberikan jenis
bantuan kepada siswa sesuai jenis kesalahannya. Dalam menyelesaikan soal siswa
akan menggunakan berbagai macam strategi, dimana strategi yang digunakan ini
berkaitan dengan gaya kognitif siswa. Dalam penelitian ini dilakukan analisis
kesalahan siswa dalam memecahkan masalah statistika berdasarkan gaya
kognitifnya.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mendeskripsikan jenis kesalahan
yang terjadi dalam memecahkan masalah statistika pada siswa gaya kognitif field
Independent kelas VIII SMP Negeri 4 Jember, 2) untuk mendeskripsikan jenis
kesalahan yang terjadi dalam memecahkan masalah statistika pada siswa gaya
kognitif field dependent kelas VIII SMP Negeri 4 Jember.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah soal tes GEFT (Group Embedded Figure Test), tes pemecahan
masalah dan pedoman wawancara. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah metode tes, metode wawancara dan dokumentasi. Data yang dianalisis
adalah data hasil tes GEFT kepada 32 siswa kelas VIII A SMPN 4 Jember untuk
diambil 2 siswa gaya kognitif field Independent dan 2 siswa gaya kognitif field
dependent sebagai subjek penelitian, data hasil tes pemecahan masalah dan hasil
wawancara. Triangulasi dalam penelitian ini yaitu triangulasi sumber dan
triangulasi metode. Kegiatan penelitian dilakukan di kelas VIII A SMPN 4
Jember.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa siswa
dengan gaya kognitif field independence, baik FI 1 maupun FI 2 melakukan
kesalahan transformasi (transform error), kesalahan dalam keterampilan proses
(weakness in process skill) dan kesalahan dalam menggunakan notasi atau
kesimpulan jawaban (encoding error). Untuk siswa gaya kognitif field
dependence dengan kode FD 1 melakukan kesalahan memahami soal
(comprehension error), kesalahan transformasi (transform error), kesalahan
dalam keterampilan proses (weakness in process skill) dan kesalahan dalam
menggunakan notasi atau kesimpulan jawaban (encoding error), sedangkan siswa
dengan kode FD 2 melakukan kesalahan transformasi (transform error),
kesalahan dalam keterampilan proses (weakness in process skill) dan kesalahan
dalam menggunakan notasi atau kesimpulan jawaban (encoding error).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010302 Numerical Solution of Differential and Integral Equations 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Diah Ayu Lestari |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 08:04 |
Last Modified: | 12 Jul 2022 08:04 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9612 |
Actions (login required)
View Item |