Analisis Strategi Pemasaran Investasi Logam Mulia Produk Tabungan Emas dalam Meningkatan Jumlah Nasabah Pt. Pegadaian (Persero) Syariah Cabang Pasar Legi Jombang.

Mustafrida, - (2021) Analisis Strategi Pemasaran Investasi Logam Mulia Produk Tabungan Emas dalam Meningkatan Jumlah Nasabah Pt. Pegadaian (Persero) Syariah Cabang Pasar Legi Jombang. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Perbankan Syariah.

[img] Text
MUSTAFRIDA_E20171011.pdf

Download (5MB)

Abstract

Mustafrida, Dr. Khamdan Rifa’i, SE., M.Si., 2021: Analisis Strategi Pemasaran Investasi Logam Mulia Produk Tabungan Emas dalam Meningkatan Jumlah Nasabah Pt. Pegadaian (Persero) Syariah Cabang Pasar Legi Jombang. Emas merupakan logam mulia yang memiliki nilai tinggi, banyak dicari karena selain dengan memiliki logam mulia dapat menaikkan status sosial seseorang juga dapat dijadikan sebagai bentuk investasi yang tepat. Salah satunya berinvestasi melalui pegadaian syariah dalam produk tabungan emas. Tabungan Emas yaitu layanan jasa penitipan saldo emas yang disediakan pegadaian untuk memudahkan masyarakat dalam berinvestasi dengan perjanjian jual beli emas yang disetujui kedua belah pihak yang penarikannya hanya dapat dilakukan sesuai dengan syarat tertentu. Tabungan emas menjadi alternatif yang tepat bagi masyarakat untuk berinvestasi. Sebagai upaya untuk mempertahankan berlangsungnya hidup perusahaan dalam persaingan industri perekonomian yang ketat maka diperlukan strategi pemasaran yang tepat. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran investasi logam mulia yang diterapkan pada produk tabungan emas dalam meningkatkan jumlah nasabah PT. Pegadaian Syariah Cabang Pasar Legi Jombang?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan strategi pemasaran investasi logam mulia yang diterapkan pada produk tabungan emas dalam meningkatkan jumlah nasabah PT. Pegadaian Syariah Cabang Pasar Legi Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu trianggulasi sumber. Dari hasil analisis dalam penelitian didapatkan bahwa: strategi pemasaran yang digunakan oleh PT. Pegadaian Syariah Cabang Pasar Legi Jombang adalah dengan bauran pemasaran (marketing mix) yaitu analisis 7P yang keseluruhan unsur tersebut saling berkaitan satu dengan yang lainnya untuk mencapai tujuan tertentu. Namun dari ketujuh analisis itu yang lebih menonjol pada analisis promotion (promosi). Dengan beberapa promosi yang dilakukan PT. Pegadaian Syariah Cabang Pasar Legi Jombang dan didukung unsur bauran pemasaran yang lainnya mampu memberikan dampak positif terhadap jumlah nasabah, sebagaimana dilihat pada jumlah nasabah yang mengalami kenaikan yang fluktuatif, di mana jumlah nasabah pada bulan Januari sebanyak 1150, Februari 1320, Maret 1480, April 1650, meskipun kenaikan tidak secara signifikan namun menunjukkan tren yang positif. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Tabungan Emas, Investasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 11 Jul 2022 07:49
Last Modified: 11 Jul 2022 07:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9627

Actions (login required)

View Item View Item