Pembelajaran kitab bulugh Al-maram min adillat Al-ahkam Dengan metode sorongan dan Bandongan di pondok pesantren Al-utsmani desa beddiankecamatan Jambisari kabupaten Bondowoso tahun 2019

Jannah, Imliatul (2022) Pembelajaran kitab bulugh Al-maram min adillat Al-ahkam Dengan metode sorongan dan Bandongan di pondok pesantren Al-utsmani desa beddiankecamatan Jambisari kabupaten Bondowoso tahun 2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (Skripsi)
perpustakaan.pdf

Download (3MB)

Abstract

Imliatul Jannah, 2022: Pembelajaran Kitab Bulugh al-Maram di Pondok
Pesantren Al-ustmani Desa Beddian Kecamatan Jambisari Kabupaten
Bondowoso Tahun 2019.
Pembelajaran adalah suatu perubahan perilaku yang relatif tetap dan
merupakan hasil praktik yang diulang-ulang. Pembelajaran memiliki makna
bahwa subjek belajar harus dibelajarkan bukan diajarkan. Subjek belajar yang
dimaksud adalah siswa atau disebut juga pembelajar yang menjadi pusat kegiatan
belajar. Siswa sebagai subjek belajar dituntut untuk aktif mencari, menemukan,
menganalisis, merumuskan, memecahkan masalah, dan menyimpulkan suatu
masalah. Pembelajaran membutuhkan sebuah proses yang disadari yang
cenderung bersifat permanen dan mengubah perilaku. Pembelajaran kitab Bulugh
al-Maram merupakan pembelajaran kitab yang berisi tentang hadist-hadist Nabi
yang dilaksanakan di salah satu lembaga pendidikan, yakni pondok pesantren Al-
Ustmani Dusun Beddian.
Fokus masalah yang diteliti yaitu (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran
kitab Bulugh al-Maram di Pondok Pesantren Al-Ustmani ? (2) Bagaimana
evaluasi pembelajaran kitab Bulugh al-Maram di Pondok Pesantren Al-Ustmani?
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pelaksanaan
pembelajaran kitab Bulugh al-Maram di PP. Al-Ustmani (2) Mendeskripsikan
evaluasi pembelajaran kitab Bulugh al-Maram di Pondok Pesantren Al-Ustmani.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara.
Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, Penyajian Data,
Verifikasi Data. Dan teknik triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini diperoleh kesimpulan (1) pelaksanaan pembelajaran
kitab Bulugh al-Maram di PP. Al-Ustmani yaitu menggunakan 2 metode. (a)
Metode serongan, metode ini para santri dituntut untuk membaca secara individu
serta menerjemahkan dan menjelaskan isi dari kitab bulugh al-marram. Kedua,
Metode bandongan. Santri mengaji kitab hanya menyimak kiai dalam membaca
serta menjelaskan isi dari kitab bulugh al-marram tersebut. (2) kemudian untuk
evaluasinya, PP. al-ustmani mengguanakan 3 macam evaluasi pertama, formatif.
Yang dilakukan dengan adanya ujian harian. Kedua, sumatif, dengan adanya tes
tulis dan lisan setiap satu tahun dua kali yaitu pada tengah semester dan akhir
semester. Ketiga, diagnostik. yang mana pendidik mengadakan tes pada awal,
tengah, maupun akhir semesternya guna mengetahui kelemahan serta kelebihan
disetiap anak didiknya.
Kata Kunci: Pembelajaran, Evaluasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Ms Imliatul Jannah
Date Deposited: 14 Jul 2022 03:27
Last Modified: 14 Jul 2022 03:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9632

Actions (login required)

View Item View Item