Pembelajaran kitab bulugh Al-maram min adillat Al-ahkam Dengan metode sorongan dan Bandongan di pondok pesantren Al-utsmani desa beddiankecamatan Jambisari kabupaten Bondowoso tahun 2019

Jannah, Imliatul (2022) Pembelajaran kitab bulugh Al-maram min adillat Al-ahkam Dengan metode sorongan dan Bandongan di pondok pesantren Al-utsmani desa beddiankecamatan Jambisari kabupaten Bondowoso tahun 2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (Skripsi)
perpustakaan.pdf

Download (3MB)

Abstract

Imliatul Jannah, 2022: Pembelajaran Kitab Bulugh al-Maram di Pondok Pesantren Al-ustmani Desa Beddian Kecamatan Jambisari Kabupaten Bondowoso Tahun 2019. Pembelajaran adalah suatu perubahan perilaku yang relatif tetap dan merupakan hasil praktik yang diulang-ulang. Pembelajaran memiliki makna bahwa subjek belajar harus dibelajarkan bukan diajarkan. Subjek belajar yang dimaksud adalah siswa atau disebut juga pembelajar yang menjadi pusat kegiatan belajar. Siswa sebagai subjek belajar dituntut untuk aktif mencari, menemukan, menganalisis, merumuskan, memecahkan masalah, dan menyimpulkan suatu masalah. Pembelajaran membutuhkan sebuah proses yang disadari yang cenderung bersifat permanen dan mengubah perilaku. Pembelajaran kitab Bulugh al-Maram merupakan pembelajaran kitab yang berisi tentang hadist-hadist Nabi yang dilaksanakan di salah satu lembaga pendidikan, yakni pondok pesantren Al- Ustmani Dusun Beddian. Fokus masalah yang diteliti yaitu (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab Bulugh al-Maram di Pondok Pesantren Al-Ustmani ? (2) Bagaimana evaluasi pembelajaran kitab Bulugh al-Maram di Pondok Pesantren Al-Ustmani? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kitab Bulugh al-Maram di PP. Al-Ustmani (2) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran kitab Bulugh al-Maram di Pondok Pesantren Al-Ustmani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, Penyajian Data, Verifikasi Data. Dan teknik triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini diperoleh kesimpulan (1) pelaksanaan pembelajaran kitab Bulugh al-Maram di PP. Al-Ustmani yaitu menggunakan 2 metode. (a) Metode serongan, metode ini para santri dituntut untuk membaca secara individu serta menerjemahkan dan menjelaskan isi dari kitab bulugh al-marram. Kedua, Metode bandongan. Santri mengaji kitab hanya menyimak kiai dalam membaca serta menjelaskan isi dari kitab bulugh al-marram tersebut. (2) kemudian untuk evaluasinya, PP. al-ustmani mengguanakan 3 macam evaluasi pertama, formatif. Yang dilakukan dengan adanya ujian harian. Kedua, sumatif, dengan adanya tes tulis dan lisan setiap satu tahun dua kali yaitu pada tengah semester dan akhir semester. Ketiga, diagnostik. yang mana pendidik mengadakan tes pada awal, tengah, maupun akhir semesternya guna mengetahui kelemahan serta kelebihan disetiap anak didiknya. Kata Kunci: Pembelajaran, Evaluasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Ms Imliatul Jannah
Date Deposited: 14 Jul 2022 03:27
Last Modified: 14 Jul 2022 03:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9632

Actions (login required)

View Item View Item