Strategi Pemasaran Sapu Di Desa Sumber Dumpyong Kecamatan Pakem Kabupaten Bondowoso (Studi Kasus Industri Kecil Kerajinan Sapu Ijuk)

Irawati, Wiwin (2022) Strategi Pemasaran Sapu Di Desa Sumber Dumpyong Kecamatan Pakem Kabupaten Bondowoso (Studi Kasus Industri Kecil Kerajinan Sapu Ijuk). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
WIWIN IRAWATI_E20152126.pdf

Download (2MB)

Abstract

Wiwin Irawati, Dr. Moch. Chotib, S.Ag., MM 2022: Strategi Pemasaran Sapu Di Desa Sumber Dumpyong Kecamatan Pakem Kabupaten Bondowoso. (Studi Kasus Industri Kecil Kerajinan Sapu Ijuk)

Kata Kunci: Penjualan, Kesejahteraan masyarakat, Industri Kecil

Industri kecil kerajinan sapu tersebar luas di wilayah dusun dumpyong. Pengaruh industri kecil kerajinan sapu ijuk yang berada di tengah-tengah masyarakat dusun dumpyong ini sangatlah besar, industri kecil kerajinan sapu ijuk ini dikenal sebagai sumber pendapatan keluarga, baik masyarakat yang menjadi pendiri usaha kerajinan sapu, perajin, maupun pihak lain yang terkait sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan juga sebagai penunjang kegiatan perekonomian dusun dumpyong terutama dalam memberdayakan masyarakat.
Fokus masalah yang dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana strategi pemasaran sapu di desa sumber dumpyong kecamatan pakem?. 2) Apa saja kendala didalam memasarkan sapu di desa sumber dumpyong kecamatan pakem?. 3) Bagaimana solusi untuk menyelesaikan kendala didalam memasarkan sapu di desa sumber dumpyong kecamatan pakem?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui strategi pemasaran sapu di desa sumber dumpyong kecamatan pakem. 2) Untuk mengetahui kendala didalam memasarkan sapu di desa sumber dumpyong kecamatan pakem. 3) Untuk mengetahui solusi untuk menyelesaikan kendala didalam memasarkan sapu di desa sumber dumpyong kecamatan pakem.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini ialah Pemilik industri kecil sapu ijuk, Konsumen Produk sapu ijuk, Pekerja industri sapu ijuk. Analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengumpulan data, teknis yang digunakan ialah observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi data.
Hasil penelitian yang diperoleh pertama, industri kecil kerajinan sapu ijuk telah berhasil menerapkan empat tahapan-tapahan dalam mengembangkan dan menerapkan strategi pemasaran, yaitu :Tahapan pertama adalah mengidentifikasi dan mengevaluasi kesempatan. Tahapan kedua adalah menganalisis segmen pasar dan memilih target pasar. Tahapan ketiga yaitu merencanakan dan menerapkan bauran pemasaran yang akan memberikan nilai bagi pelanggan dna sesuai dengan tujuan dari organisasi. Tahapan keempat adalah menganalisis kinerja perusahaan. Kedua, Kendala yang dihadapi yaitu Menghadapi konsumen yang berbeda-beda, Menawar dengan harga yang sangat murah, Menghadapi pesaing. Didalam menghadapi pesaing, Mempertahkan poduk yang dipasarkan. Ketiga, Solusi didalam mengahadapinya yaitu Setiap pembeli memiliki keinginan yang sama, Tanpa adanya pesaing itu sangat mustahil, Mempertahankan produk yang dipasarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: ms wiwin irawati
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:23
Last Modified: 13 Jul 2022 04:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9649

Actions (login required)

View Item View Item