HAFALAN AL-QUR’AN JUZ 30 (JUZ ‘AMMA) SEBAGAI KEWAJIBAN BAGI PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-FATTAH PECALONGAN SUKOSARI BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SITI KHUZAINIYAH, 084 111 033 (2016) HAFALAN AL-QUR’AN JUZ 30 (JUZ ‘AMMA) SEBAGAI KEWAJIBAN BAGI PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-FATTAH PECALONGAN SUKOSARI BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
persembahan.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (374kB) | Preview

Abstract

Siti Khuzainiyah, 2016: Hafalan Al-Qur‟an Juz 30 (Juz „Amma) sebagai Kewajiban bagi Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Fattah Pecalongan Sukosari Bondowoso Tahun Pelajaran 2015/2016.

Menghafal Al-Qur’an merupakan suatu proses untuk memelihara, menjaga dan melestarikan kemurnian Al-Qur’an yang diturunkan kepada
Rasulullah SAW. diluar kepala agar tidak terjadi perubahan dan pemalsuan serta
dapat menjaga dari kelupaan baik secara keseluruhan ataupun sebagainya.
Fokus penelitian dalam skripsi ini sebagai berikut: 1. Bagaimana proses
pelaksanaan hafalan Al-Qur’an juz 30 yang diwajibkan bagi peserta didik di MI
Al-Fattah Pecalongan Sukosari Bondowoso? 2. Bagaimana problematika hafalan
Al-Qur’an juz 30 di MI Al-Fattah Pecalongan Sukosari Bondowoso? 3.
Bagaimana evaluasi hafalan Al-Qur’an juz 30 di MI Al-Fattah Pecalongan
Sukosari Bondowoso?.
Tujuan penelitian ini diantaranya: 1. Menganalisis proses pelaksanaan
hafalan Al-Qur’an juz 30 yang diwajibkan bagi peserta didik di MI Al-Fattah
Pecalongan Sukosari Bondowoso 2. Menganalisis problematika hafalan AlQur’an

juz 30 di MI Al-Fattah Pecalongan Sukosari Bondowoso 3. Menganalisis
evaluasi hafalan Al-Qur’an juz 30 di MI Al-Fattah Pecalongan Sukosari
Bondowoso.
Pendekatan penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif. Jenis
penelitian field research, penentuan subyek penelitian menggunakan purposive,
teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Proses pelaksanaan
hafalan Al-Qur’an juz 30 (juz ‘amma) sebagai kewajiban bagi peserta didik di
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Fattah Pecalongan yaitu dilaksanakan setiap hari
sebelum materi dimulai, dibagi menjadi 3 kelompok, diikuti oleh setiap masingmasing

pembimbing hafalan Al-Qur’an juz 30 (juz ‘amma), dan penyetoran
hafalan dilaksanakan seminggu dua kali pada jam-jam istirahat dan sesudah sholat
dhuhur berjama’ah. Metode yang digunakan dalam hafalan Al-Qur’an juz 30 (juz
‘amma) yaitu a. Metode Jama’i yaitu hafalan bersama-sama dengan cara peserta
didik mendengarkan dan mengikuti bacaan guru pembimbing, b. Setelah metode
jama’i selesai peserta didik menghafal dengan cara individu atau menghafal
sendiri, c. Dilanjutkan dengan menugaskan peserta didik untuk menghafal di
rumahnya masing-masing. 2. Problematika hafalan Al-Qur’an juz 30 (juz ‘amma)
sebagai kewajiban bagi peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Fattah
Pecalongan yaitu a. Tempat ngaji /latar belakang pendidikan, b. Tingkat IQ, c.
Keterbatasan waktu /ruang, d. Dukungan orang tua kurang maksimal dan e. Pengaruh lingkungan karena banyaknya permainan. 3. Evaluasi hafalan Al-Qur’an
juz 30 (juz ‘amma) sebagai kewajiban bagi peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Fattah Pecalongan yaitu dengan cara tes hafalan, tes tertulis dan imla’

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: HAFALAN AL-QUR’AN
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 27 Sep 2017 02:57
Last Modified: 27 Sep 2017 02:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/97

Actions (login required)

View Item View Item