Yuanasari, Dhiya' Fa'izah (2022) Pelaksanaan Pembelajaran Menggunakan RPP Merdeka Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Moch. Sroedji Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Dhiya' Fa'izah Yuanasari_T20181402.pdf Download (2MB) |
Abstract
RPP satu lembar merupakan sebuah terobosan baru dalam dunia pendidikan yang pada awalnya memiliki banyak komponen dan kemudian disederhanakan menjadi beberapa komponen saja yang sesuai kebijakan “Merdeka Belajar” oleh Menteri Pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran menggunakan RPP merdeka belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada peserta didik kelas VIII di SMP Moch. Sroedji Jember. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menggunakan RPP merdeka belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada peserta didik kelas VIII di SMP Moch. Sroedji Jember. 3) Untuk mendeskipsikan evaluasi pembelajaran menggunakan RPP merdeka belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada peserta didik kelas VIII di SMP Moch. Sroedji Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman, data meliputi : 1) Reduksi Data; 2) Penyajian Data; dan 3) Kesimpulan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1) Perencanaan Pembelajaran Menggunakan RPP Merdeka Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Moch. Sroedji Jember adalah RPP Merdeka Belajar dianggap efisien karena tidak terlalu banyak menggunakan komponen dan tetap menggunakan lampiran sebagai pendukung. 2) Pelaksanaan Pembelajaran Menggunakan RPP Merdeka Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Moch. Sroedji Jember adalah penerapan guru pada saat pembelajaran berlangsung berdasarkan RPP yang telah disusunnya serta penguasaan materi dan metode kemudian cara mengelola juga memandu pembelajaran di kelas. 3) Evaluasi Pembelajaran Menggunakan RPP Merdeka Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Moch. Sroedji Jember adalah menggunakan penilaian untuk mengukur ketiga ranah kompetensi peserta didik. Penilaian dilakukan sesuai yang tercantum pada RPP Merdeka Belajar, serta menggunakan lampiran penilaian untuk mengevaluasi kompetensi peserta didik.
Kata Kunci : RPP Merdeka, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dhiya' Fa'izah Yuanasari |
Date Deposited: | 17 Jul 2022 08:34 |
Last Modified: | 17 Jul 2022 08:34 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9702 |
Actions (login required)
View Item |