PENERAPAN STRATEGI GENERIK MICHAEL E PORTER PADA PENGEMBANGAN PRODUK FURNITURE CV CIPTA GRAHA PROBOLINGGO

Nupur, masiyah (2022) PENERAPAN STRATEGI GENERIK MICHAEL E PORTER PADA PENGEMBANGAN PRODUK FURNITURE CV CIPTA GRAHA PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI NUPURMASIYAH E20172037.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Nupurmasiyah, Dr. Nikmatul Masruroh, M.E.I, 2022: “Penerapan Strategi Generik Michael E Porter dalam Pengembangan Produk Furniture CV Cipta Graha Probolinggo”

Pengembangan produk adalah suatu usaha yang dilakukan oleh perusahaan dalam menyempurnakan produknya untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Keberhasilan suatu produk tidak terlepas dari sebuah strategi yang diterapkan. Strategi generik Michael E Porter merupakan sebuah strategi yang digunakan perusahaan untuk memperoleh keunggulan kompetitif. Strategi generik ini terdiri dari strategi biaya rendah, strategi diferensiasi dan strategi fokus. Penerapan strategi generik dapat menciptakan posisi yang menguntungkan bagi perusahaan.
Berdasarkan pemaparan latar belakang masalah di atas, maka penulis merumuskan beberapa permasalahan yang menarik untuk dikaji dan dianalisis, yakni diantaranya: 1) Bagaimana pengembangan produk furniture pada CV Cipta Graha Probolinggo ? 2) Bagaimana penerapan strategi generik pada produk furniture mebel CV Cipta Graha Probolinggo?
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui model pengembangan produk furniture mebel CV Cipta Graha Probolinggo. 2) Untuk mengetahui penerapan strategi generik pada produk furniture mebel CV Cipta Graha Probolinggo.
Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian untuk analisis data yang dilakukan oleh peneliti diantaranya pengumpulan data, reduksi data penyajian data, dan kesimpulan. Pada keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan 1) Model pengembangan produk furniture dilakukan dengan delapan tahapan pengembanganyaitu pengajuan ide, penyaringan ide, pengembangan dan pengujian konsep, pengembangan strategi pemasaran, analisis bisnis, pengembangan produk, pengujian pasar, dan komersialisasi. 2) Penerapan strategi generik Michael E Porter pada pengembangan produk furniture CV Cipta Graha Probolinggo yaitu strategi diferensiasi.

Kata Kunci : Pengembangan Produk, Strategi Generik, Diferensiasi

ABSTRACT

Nupurmasiyah, Dr. Nikmatul Masruroh, M.E.I, 2022: “Implementation Of Michael E Porter’s Generic Strategy on CV Cipta Graha Probolinggo’s Furniture Produk Development”
Product development is an effort made by the company in perfecting its products to meet customer needs. The success of a product cannot be separated from a strategy the implemented. Michael E Porter’s generic strategy is a strategy that companies use to gain competitive advantage. This generic theory consists of the theory of low cost, differentiation and focus strategy. The application of a generic strategy can create a favorable position for the company.
Based on the discription of the background of the problem above, the authors formulate several interesting problems to be studied and analyzed, namely: (1) How was the development of furniture product in CV Cipta Graha Probolinggo ? (2) How was the implementation of generic strategy on furniture product CV Cipta Graha Probolinggo?
The purpose of this research was 1) to know the model of product development of furniture CV Cipta Graha Probolinggo. 2) to know the implementation of generic strategy furniture product CV Cipta Graha Probolinggo.
Based on the research, the researcher used qualitative method with type of field research. Data collection techniques used were observation, interview and documentation techniques. The data analysis carried out by researcher included data collection, data reduction, data presentation, and conclusions. The validity of the data was checked by applying source triangulation.
Based on the results of the study, it can be concluded that (1) The furniture development product model was carried out with eight stages of development, namely idea submission, idea screening, concept development and testing, marketing strategy development, business analysis, product development, market testing, and commercialization. (2) Michael E Porter's generic strategy applied to the development of CV Cipta Graha Probolinggo furniture products was the differentiation strategy.

Keywords: Generic Strategy, Product Development, Differentiation

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140214 Public Economics- Publically Provided Goods
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs Perpustakaan Nupurmasiyah
Date Deposited: 13 Jul 2022 07:52
Last Modified: 13 Jul 2022 07:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9705

Actions (login required)

View Item View Item