Persepsi Pedagang Atas Kebijakan Sertifikasi Halal (Studi Kasus Pada Pedagang Daging Ayam di Pasar Tanjung Kabupaten Jember)

Ahmad, Rofiki (2022) Persepsi Pedagang Atas Kebijakan Sertifikasi Halal (Studi Kasus Pada Pedagang Daging Ayam di Pasar Tanjung Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ROFIKI WATERMARK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Studi halal kini menjadi pembahasan yang sangat hangat untuk di bicarakan. Hal ini terjadi karena semakin gencarnya Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengkampanyekan pentingnya sertifikasi halal pada produk. Hal itu di lakukan untuk memberikan isyarat bahwa konsumsi atas produk halal menjadi sebuah kebutuhan pokok untuk masyarakat muslim. Oleh sebab itu adanya sertifikasi halal pada sebuah produk yang beredar merupakan tindakan yang harus dilakukan guna menjamin terpenuhinya kebutuhan masyarakat terhadap produk-produk halal.

Fokus penelitian skripsi ini adalah: pertama Bagaimana persepsi pedagang atas kebijakan sertifikasi halal? Kedua Faktor apa saja yang memengaruhi persepsi pedagang atas kebijakan sertifikasi halal?.

Karya tulis ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pedagang atas kebijakan sertifikasi halal dan Faktor apa saja yang memengaruhi persepsi pedagang atas kebijakan sertifikasi halal.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dimana peneliti turun kelapangan untuk mengadakan pengamatan tentang suatu fenomena selain itu penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif karena penelitian ini berusaha untuk mendeskripsikan suatu objek, fenomena atau setting sosial dalam tulisan yang bersifat naratif. Subyek penelitian dipilih dengan cara purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan sebelum dan sesudah dilapangan menggunakan model Miles and Hubermen. Keabsahan data menggunakan trianngulasi sumber.

Adapun hasil penelitiannya menunjukkan bahwa: 1) adanya perspektif positif pada pedagang daging ayam dan masih mebutuhkan serangkaian edukasi dan pembinaan tentang prosedur untum proses pembuatan sertifikasi halal bagi usaha pedagang ayam. 2) yang mempengaruhi faktor para pedagang menganggap berat jika di wajibkannya sertifikasi pada barang dagangan mereka karena ketidak tahuan mereka tentang prosedur dan tatacara mengurus sertifikasi halal, susahnya proses mengurus sertifikasi halal serta dibutuhkannya pengeluaran untuk biaya pembuatan sertifikasi halal.

Kata kunci : Persepsi, Sertifikasi Halal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140208 Health Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140213 Public Economics- Public Choice
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Ahmad Rofiki
Date Deposited: 14 Jul 2022 01:36
Last Modified: 14 Jul 2022 01:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9743

Actions (login required)

View Item View Item