PENERAPAN HYBRID LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SATYA DHARMA BALUNG

Dewanto, Septian Eka (2022) PENERAPAN HYBRID LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SATYA DHARMA BALUNG. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Septian Eka Dewanto_T20181277.pdf

Download (3MB)

Abstract

Septian Eka Dewanto, 2022: “Penerapan Hybrid Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Pertama Satya Dharma Balung”
Kata Kunci : Hybrid Learning, Pendidikan Agama Islam, Pandemi Covid 19
Hybrid learning adalah bentuk penggabungan antara dua model pembelajaran yang digunakan untuk menciptakan suasana lingkungan belajar yang kondusif dan efektif bagi para peserta didik. Penerapan hybrid learning sendiri memiliki bentuk yang beragam tergantung situasi, kondisi, dan inovasi yang digunakan pihak lembaga sekolah, khususnya di masa pandemi seperti sekarang.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan hybrid learning dalam pembelajaran pendidikan agama islam pada masa pandemi covid-19 di sekolah menengah pertama satya dharma balung ? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan hybrid learning dalam pembelajaran pendidikan agama islam pada masa pandemi covid-19 di sekolah menengah pertama satya dharma balung ?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan bagaimana penerapan hybrid learning dalam pembelajaran pendidikan agama islam pada masa pandemi covid-19 di sekolah menengah pertama satya dharma balung. 2) Untuk Mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan hybrid learning dalam pembelajaran pendidikan agama islam pada masa pandemi covid-19 di sekolah menengah pertama satya dharma balung.
Untuk menganalisis penelitian tersebut, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat diskriptif dengan jenis study kasus guna memperoleh data tentang bagaimana penerapan hybrid learning dalam pembelajaran pendidikan agama islam yang ada di sekolah menengah pertama satya dharma balung. Adapun teknik pengumpulana data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh hasil kesimpulan: 1) proses penerapan hybrid learning pada materi pendidikan agama islam di sekolah menengah pertama satya dharma balung menggunakan teknik penjadwalan tiap kelas yang berbeda dalam satu minggu. 2) faktor pendukung dan fasilitas yang ada sudah cukup mumpuni untuk melaksanakan penerapan hybrid learning, sedangkan faktor penghambatnya diantaranya ialah minta siswa, fasilitas pendukung yang ada di rumah, serta masalah lain terkait jaringan internet.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Septian Eka Dewanto
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:47
Last Modified: 20 Jul 2022 03:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9769

Actions (login required)

View Item View Item