Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Discovery Learning Pada Materi Bioteknologi Untuk Siswa Kelas XII MA Al-Amiriyyah Darussalam Blokagung

Hidayah, Khusnul (2022) Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Discovery Learning Pada Materi Bioteknologi Untuk Siswa Kelas XII MA Al-Amiriyyah Darussalam Blokagung. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
KHUSNUL HIDAYAH_T20178094.pdf

Download (13MB)

Abstract

Khusnul Hidayah, 2022 : Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Discovery Learning Pada Materi Bioteknologi Untuk Siswa Kelas XII MA Al-Amiriyyah Darussalam Blokagung.
Kata Kunci : Pengembangan bahan ajar, modul petunjuk praktikum, discovery learning, materi bioteknologi, model pengembangan ADDIE.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh tidak adanya variasi bahan ajar yang digunakan disekolah pada saat kegiatan pembelajaran, yang menyebabkan kurangnya pemahaman siswa pada materi biologi terutama pada materi bioteknologi. Apalagi pelajaran biologi identik dengan kegiatan praktuikum, hal ini yang mendorong peenliti untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul praktikum yang dapat memudahkan siswa dan bisa dijadikan siswa acuan untuk belajar mandiri. Bahan ajar yang dikembangkan didesain untuk membuat siswa lebih aktif, dengan menggunakan pendekatan discovery learning.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan pengembangan modul praktikum berbasis discovery learning pada materi bioteknologi untuk siswa kelas XII Madrasah Aliyah Al-Amiriyyah Darussalam Blokagung. 2) Untuk mendeskripsikan kevalidan modul praktikum berbasis discovery learning pada materi bioteknologi untuk siswa kelas XII Madrasah Aliyah Al-Amiriyyah Darussalam Blokagung.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), dan Evaluation (Evaluasi). Penelitian hanya dilakukan sebatas untuk mengukur kevalidan produk berdasarkan penilaian dari validator ahli dan angket respon tanggapan guru dan siswa, dikarenakan keterbatasan waktu dan situasi sekolah yang tidak mendukung.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Modul praktikum yang dikembangkan melalui beberapa tahapan diantaranya tahap analisis yang terdiri dari analisis kerja dan analisis kebutuhan. Tahapan selanjutnya yaitu tahap desain yaitu merancang instrumen penelitian dan mulai merancang produk yang akan dikembangkan. Tahap selanjutnya yaitu melakukan pengembangan instrumen dan mewujudkan desain yang telah dirancang menjadi nyata dengan menggunakan canva. Tahap yang terakhir yaitu melakukan evaluasi terhadap produk yang telah dikembangkan berdasarkan saran, masukan dari para validator ahli, guru biologi serta dari siswa. 2) Berdasarkan validasi dari ahli media, ahli materi, ahli bahasa, guru biologi serta tanggapan dari siswa diperoleh keseluruhan prosentase 89,34%, artinya produk yang dikembangkan masuk dalam kategori sangat valid, sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran terutama dala kegiatan praktikum tanpa revisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0605 Microbiology > 060501 Bacteriology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Khusnul Hidayah
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:04
Last Modified: 13 Jul 2022 04:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9777

Actions (login required)

View Item View Item