PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOLOGI KELAS X IPA DI SMAN 4 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Dinita, Choirunnisa (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOLOGI KELAS X IPA DI SMAN 4 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Dinita Choirunnisa_T20188098.pdf

Download (10MB)

Abstract

Hasil belajar merupakan sesuatu yang dicapai seseorang dalam suatu penguasaan pengetahuan dan keterampilan dalam pelajaran, tetapi beberapa sekolah masih memiliki hasil belajar yang rendah yang terbukti dari beberapa penelitian-penelitian yang telah dilakukan. Selain hasil belajar yang rendah, beberapa penelitian mengatakan peserta didik juga memiliki sikap peduli lingkungan yang rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan sikap peduli lingkungan kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. 2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. 3) Mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pada materi ekologi terhadap sikap peduli lingkungan kelas X IPA di SMAN 4 Jember pada tahun pelajaran 2021/2022. 4) Mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pada materi ekologi terhadap hasil belajar siswa kelas X IPA di SMAN 4 Jember pada tahun pelajaran 2021/2022.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, desain Quasi Eksperimental design dengan bentuk penelitian Nonequivalent Group Posttest Only design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 70 peserta didik. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. Sampel yang terpilih terdapat dua kelas yaitu kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Mann whiteny.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Sikap peduli lingkungan kelas eksperimen diperoleh rata-rata 84.09 dengan standar devisiasi 6,373 dan kelas kontrol diperoleh rata-rata 78,54 dengan standar devisiasi 6,964. 2) Hasil belajar kelas eksperimen diperoleh rata-rata 88,29 dengan standar devisiasi 5,934 dan kelas kontrol diperoleh rata-rata 82,14 dengan standar devisiasi 9,947. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap sikap peduli lingkungan dengan nilai signifikan 0,001. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dengan nilai signifikan 0,003.
Kata kunci : Inkuiri Terbimbing, Sikap Peduli Lingkungan, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060201 Behavioural Ecology
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Dinita Choirunnisa Sudariyanto
Date Deposited: 15 Jul 2022 00:33
Last Modified: 15 Jul 2022 00:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9781

Available Versions of this Item

  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOLOGI KELAS X IPA DI SMAN 4 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022. (deposited 15 Jul 2022 00:33) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item