Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa materi segitiga dan segiempat kelas VII di SMP Negeri 1 Pakusari Tahun Ajaran 2021/2022

Atika, Alfitria (2022) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa materi segitiga dan segiempat kelas VII di SMP Negeri 1 Pakusari Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kh Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ATIKA ALFITRIA - T20187103.pdf

Download (8MB)

Abstract

Atika Alfitria, 2022: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Segitiga dan Segiempat Kelas VII di SMP Negeri 1 Pakusari Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.
Kata Kunci: Kooperatif tipe group investigation (GI), Motivasi Belajar, Hasil Belajar.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh motivasi dan hasil belajar siswa yang masih rendah. Hal ini berkaitan erat dengan pemilihan model pembelajaran yang akan digunakan oleh guru. Pasalnya, model pembelajaran dapat menciptakan suasana kelas kondusif dan menyenangkan atau bahkan sebaliknya. Salah satu model pembelajaran yang menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menarik adalah model pembelajaran kooperatif tipe group investigatin (GI).
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran group investigation (GI) 2) mendeskripsikan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah dibelajarkan menggunakan model pembelajaran group investigation (GI) 3) mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran group investigation (GI) terhadap motivasi belajar siswa 4) mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran group investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif true eksperimental design bentuk two group pretest-posttest design. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan cluster random sampling, sehingga terpilih kelas VIIE sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Adapun pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Uji hipotesis yang digunakan adalah Uji Z.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah sama dengan rata-rata skor 97,09 dan 97,00, setelah diterapkan model pembelajaran group investigation (GI) motivasi yang dimilki oleh siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sama-sama meningkat dengan rata-rata skor 117 dan 104. 2) Hasil belajar yang dimiliki oleh siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah sama dengan rata-rata nilai 37,58 dan 37,64, setelah diterapkan model pembelajaran group investigation (GI) hasil belajar yang dimiliki oleh kelas eksperimen dan kelas kontrol sama-sama meningkat dengan rata-rata nilai 49,85 dan 38,11. 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Pakusari jember tahun pelajaran 2021/2022. 4) Terdapat pengaruh model pembelajaran tipe group investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa materi segitiga dan segiempat kelas VII di SMP Negeri 1 Pakusari Jember tahun pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: mrs ATIKA ALFITRIA
Date Deposited: 12 Jul 2022 06:59
Last Modified: 12 Jul 2022 06:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9793

Actions (login required)

View Item View Item