Ahmad, Jamil (2022) Impelementasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Nurul Islam Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Ahmad Siddiq Jember.
Text
Ahmad Jamil_T20171213.pdf Download (5MB) |
Abstract
Pendekatan saintifik digunakan dalam proses belajar pendidikan agama islam di Sekolah Menengah Pertama Nurul Islam Jember memilki peran yang baik dalam proses pembelajaran. Pendekatan tersebut dilakukan mulai dari pelaksanaan mengamati, menanya, mengesplorasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam.
Berdasarkan konteks penelitian maka fokus penelitian ini yaitu: 1)Bagaimana pelaksanaan mengamati pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Nurul Islam Jember? 2)Bagaimana pelaksaan menanya pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Nurul Islam Jember? 3) Bagaimana pelaksaan mengesplorasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Nurul Islam Jember? 4)Bagaimana pelaksaan mengasosiasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Nurul Islam Jember? 5)Bagaimana pelaksaan mengkomunikasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Nurul Islam Jember?
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Model analisis menggunakan model Miles, Huberman and Saldana. Langkah meliputi: kondensasi data, penyajian data penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan kredibilitas data yaitu: triangulasi teknik dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa implementasi pendekatan saintifik kurang efektif digunakan : 1) Kegiatan mengamati pendekatan saintifik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dilakukan dengan cara Peserta didik mengamati melalui buku mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, Menyimak dan mendengarkan penjelasan guru. 2) Kegiatan menanya pendekatan saintifik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dilakukan dengan cara peserta didik dipandu mengajukan pertanyaan terkait informasi, peserta didik mengajukan pertanyaan tentang informasi pengetahuan yang tidak dipahami dan mengajukan pertanyaan untuk menambah informasi. 3) Kegiatan mencoba pendekatan saintifik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dilakukan dengan menggali dan mengumpulkan informasi dari sumber buku yang sudah disediakan guru, berdiskusi bersama teman kelas, dan Mewawancarai narasumber/guru. 4) Kegiatan mengasosiasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dilakukan dengan cara peserta didik mengolah informasi, menganalisis data diperoleh dengan menggelompoknya,menghubungkan fenomena dengan informasi, dan membuat kesimpulan berupa kalimat deduktif atau induktif. 5) Kegiatan mengkomunikasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dilakukan dengan cara Peserta didik mengkomunikasikan hasil belajar melalui karya tulis dan mempresentasikannya didepan kelas.
Kata Kunci :Pendekatan Saintifik, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 07 AGRICULTURAL AND VETERINARY SCIENCES > 0704 Fisheries Sciences > 070403 Fisheries Management 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170112 Sensory Processes, Perception and Performance |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Ahmad Jamil |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 06:58 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 06:58 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9802 |
Actions (login required)
View Item |