Strategi Bersaing Pengusaha Mebel Di Desa Pejaten Kecamatan Bondowoso Kabupaten Bondowoso

Surif,, - (2020) Strategi Bersaing Pengusaha Mebel Di Desa Pejaten Kecamatan Bondowoso Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Ekonomi Syariah.

[img] Text
SURIF_E20152131.pdf

Download (1MB)

Abstract

Surif, Muhammad Saiful Anam, M.Ag, 2020: Strategi Bersaing Pengusaha Mebel Di Desa Pejaten Kecamatan Bondowoso Kabupaten Bondowoso Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam Di era globalisasi seperti sekarang ini, perkembangan dunia begitu pesat, seiring dengan berkembang dan meningkatnya kebutuhan manusia akan sandang, pangan dan teknologi. Kebutuhan tersebut meningkat sebagai akibat jumlah penduduk yang setiap tahun terus bertambah, sehingga menimbulkan persaingan bisnis makin tinggi. Dalam berbisnis manusia sebagai makhluk yang tidak lepas dari perbuatan dosa dan salah yang memiliki banyak kekurangan dalam melakukan Etika yang baik, untuk itu diperlukannya sebuah pedoman yang berupa etika bagaimana cara berbisnis yang baik dan benar. Fokus Penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi bersaing pengusaha mebel di Desa Pejaten, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso? 2) Bagaimana pandangan etika bisnis Islam terhadap strategi bersaing pengusaha mebel di Desa Pejaten, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso? Untuk mengidentifikasi permasalah tersebut, pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, karena dalam penelitian ini nantinya akan menghasilkan data yang bersifat deskriptif mengenai Strategi Bersaing Pengusaha Mebel Di Desa Pejaten Kecamatan Bondowoso Kabupaten Bondowoso Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Strategi biaya rendah dengan mengganti jenis kayu Gamelina dan membebankan sebagian biaya pengiriman pada konsumen, Differensiasi melalui inovasi produk dan pelayanan, dan strategi focus dengan hanya memproduksi lemari. 2) strategi bersaing yang diterapkan oleh pengusaha mebel ada yang sesuai dengan etika bisnis Islam dan ada juga yang tidak sesuai dengan etika bisnis Islam. Kata kunci: Strategi bersaing, Etika bisnis Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 12 Jul 2022 07:16
Last Modified: 12 Jul 2022 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9813

Actions (login required)

View Item View Item