PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL KELAS XI MIPA SMA NEGERI AMBULU TAHUN AJARAN 2019/2020

Elviana, Vivin (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL KELAS XI MIPA SMA NEGERI AMBULU TAHUN AJARAN 2019/2020. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan STEM Pada Materi Sel Kelas XI MIPA SMA Negeri Ambulu Jember, 2 (2). pp. 1-11. ISSN 2723-0716 (Submitted)

[img] Text
Skripsi Lengkap vivin URUT watermax.pdf

Download (6MB)
Official URL: https://alveoli.iain-jember.ac.id/index.php/alv/in...

Abstract

ata Kunci : STEM, Kemampuan Hasil Belajar, Sel.
Pendekatan STEM bermakna memadukan keempat komponen dengan
memfokuskan pada pemecahan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari,
maupun kehidupan kerja. Berdasarkan hasil observasi pada SMA Negeri Ambulu,
sebagian hasil belajar siswa masih di bawah standar Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM) yang telah ditetapkan senilai 75. Hal tersebut disebabkan karena guru
menggunakan model pembelajaran yang tidak sesuai dengan materi pelajaran
yang akan diajarkan. Penyebab lainnya berdasarkan observasi secara langsung
adalah dalam proses pembelajaran guru kurang mengaitkan materi yang diajarkan
dengan kehidupan sehari-hari dan proses pembelajaran lebih berpusat pada guru,
oleh sebab itu penulis menerapkan pembelajaran STEM untuk meningkatkan hasil
belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh
pembelajaran dengan pedekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and
Mathematics) terhadap Hasil Belajar siswa pada materi sel kelas XI MIPA SMAN
Ambulu Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh pembelajaran dengan pendekatan STEM (Science, Technology,
Engineering, and Mathematics) terhadap Hasil Belajar siswa pada materi sel kelas
XI MIPA SMAN Ambulu Tahun Ajaran 2019/2020.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif desain true
experimental dengan metode Pretest-Posttest control group design. Populasi
dalam penelitian ini ialah kelas XI MIPA SMAN Ambulu, sedangkan sampel
yang diambil adalah siswa kelas XI MIPA 6 diambil dengan teknik purposive
sampling. Adapun teknik pengambilan data dalam penelitian ini yaitu tes (pretest
dan posttest) dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis
data dengan uji perbedaan dua rata-rata (uji t) menggunakan program SPSS versi
22 dengan distribusi data normal dan homogen. Jenis uji t yang digunakan adalah
uji t independen.
Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan rata-rata nilai hasil pretest sebesar
41,53, sedangkan rata-rata nilai hasil posttest sebesar 91,50. Hasil analisis statistik
menggunakan uji independent sample t-test diperoleh nilai signifikansi (2-tailed)
sebesar 0,000. Nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05 (Sig. (2-tailed) =
0,000 < 0,05) sehingga hasil uji Hasil Belajar yang dilihat dari nilai postest
biologi materi sel kelas XI MIPA SMA Negeri Ambulu berdasarkan pembelajaran
dengan menerapkan pendekatan STEM terdapat pengaruh yang signifikan
terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa
pembelajaran dengan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and
Mathematics) dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa secara signifikan dengan
nilai signifikansi 0,000 artinya lebih kecil dari 0,05 (Sig. 0,000 < 0,05).

Item Type: Article
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0104 Statistics > 010401 Applied Statistics
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Depositing User: Mrs Vivin Elviana
Date Deposited: 17 Jul 2022 08:56
Last Modified: 17 Jul 2022 08:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9829

Actions (login required)

View Item View Item