PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII DI SMPN 2 PANTI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Jannah, Dinda Alvina Roikhatul (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII DI SMPN 2 PANTI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI DINDA WM FIX.pdf

Download (6MB)

Abstract

Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah dalam pembelajaran tidak sedikit yang masih menggunakan pembelajaran yang berpusat pada guru dengan komunikasi satu arah sehingga menyebabkan siswa bosan, cenderung pasif dan mengakibatkan pada rendahnya keaktifan siswa. Salah satu upaya mengatasi masalah tersebut yaitu dengan melakukan perbaikan proses pembelajaran melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran NHT dan PBL.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk: 1) mendeskripsikan keaktifan belajar siswa kelas VIII yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan PBL pada materi bangun ruang sisi datar di SMPN 2 Panti. 2) mendeskripsikan keaktifan belajar siswa kelas VIII yang tidak diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan PBL pada materi bangun ruang sisi datar di SMPN 2 Panti. 3) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan PBL terhadap keaktifan belajar siswa kelas VIII SMPN 2 Panti.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasy Eksperimen Design dengan desain The Nonequivalent Post-test Only Control Group Design dan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Dalam analisis inferensial telah dilakukan uji prasyarat analisis (uji normalitas dan uji homogenitas), serta uji hipotesis dengan uji-t. Total populasi sebanyak 191 siswa dengan jumlah sampel 65 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 3 kali pertemuan tatap muka.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) keaktifan belajar matematika siswa kelas eksperimen dengan sampel 33 siswa diperoleh nilai terendah 81; nilai tertinggi 106; mean 93,87. Adapun persentase tingkatan keaktifan belajar siswa, yaitu 24% kategori keaktifan belajar sangat tinggi (8 siswa), 73% kategori keaktifan belajar tinggi (24 siswa), dan 3% kategori keaktifan belajar sedang (1 siswa). 2) keaktifan belajar matematika siswa kelas kontrol dengan sampel 32 siswa diperoleh nilai terendah 67; nilai tertinggi 99; mean 85,87. Adapun persentase tingkatan keaktifan belajar, yaitu 13% kategori keaktifan belajar sangat tinggi (4 siswa), 53% kategori keaktifan belajar tinggi (17 siswa), 31% kategori keaktifan belajar sedang (10 siswa), dan 3% kategori keaktifan belajar rendah (1 siswa). 3) Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji-t, t_hitung=4,382 dan t_tabel=1,999 pada taraf signifikan 5% atau t_hitung>t_tabel (4,382>1,999) dengan arti terdapat perbedaan yang signifikan antara keaktifan belajar matematika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan PBL terhadap keaktifan belajar matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMPN 2 Panti Tahun Pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010102 Algebraic and Differential Geometry
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0104 Statistics > 010405 Statistical Theory
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: mrs Dinda Alvina
Date Deposited: 12 Jul 2022 08:36
Last Modified: 12 Jul 2022 08:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9840

Actions (login required)

View Item View Item